Global-News.co.id
Sport Utama

Piala AFF U-19: Hadapi Thailand, Timnas Indonesia Butuh Support Masyarakat

Pemain Timnas Indonesia U-19 menyapa penonton usai laga penyisihan Grup Piala AFF U19 2022 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (2/7/2022). (foto: Antara)

BEKASI (global-news.co.id) – Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong mengatakan, timnya membutuhkan dukungan dari masyarakat Indonesia untuk menaklukkan Thailand pada lanjutan Grup A Piala AFF U-19 Tahun 2022, Rabu (6/7).

“Kami mohon dukungan penuh dan doa dari masyarakat Indonesia,” ujar Shin di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Senin (4/7) malam.

Menurut juru taktik asal Korea Selatan itu, Thailand merupakan salah satu skuad terbaik di Asia Tenggara selain Vietnam.

Bagi Shin, itulah yang membuat Thailand sulit untuk ditaklukkan. Shin Tae-yong pribadi bahkan belum bisa menundukkan Thailand pada berbagai level usia tim nasional.

Sejak memegang kendali timnas Indonesia pada akhir tahun 2019, Shin sudah tiga kali bertemu dengan Thailand, yakni dua kali di timnas senior dan sekali di timnas U-23.

Pertemuan pada tingkat senior terjadi pada dua leg final Piala AFF Tahun 2020, di mana Indonesia kalah 0-4 pada leg pertama dan bermain imbang 2-2 pada leg kedua.

Kemudian, Shin bersua kembali dengan Thailand, kali ini timnas U-23, di semifinal sepakbola putra SEA Games 2021. Namun, skuadnya kembali kalah yakni dengan skor 0-1, meski gol Thailand tercipta pada babak tambahan karena 2×45 menit seri 0-0.

Di Piala AFF U-19 2022, Thailand pun belum terkalahkan. Mereka selalu meraih kemenangan dari dua laga, yakni mengandaskan Filipina 1-0 dan Myanmar 3-0.

Meski demikian, Shin Tae-yong tetap yakin timnya berpeluang mengalahkan Thailand saat bertemu di Piala AFF U-19 2022.

“Thailand memang tim tangguh. Saya menonton pertandingan mereka melawan timnas U-19 Myanmar dan terlihat mereka sangat kokoh. Namun, tim kami terus menunjukkan progress,” kata Shin.

Timnas U-19 Thailand bertengger di puncak klasemen sementara Grup A Piala AFF U-19 2022 dengan enam poin dari dua pertandingan. Indonesia menduduki posisi kedua dengan koleksi empat poin dari dua laga.

Vietnam ada di peringkat ketiga karena kalah selisih gol dari Indonesia. Lalu Myanmar keempat (tiga poin, dua laga), diikuti Filipina (nol poin, dua laga) dan Brunei Darussalam di peringkat terakhir (nol poin, dua laga). (ntr, ins)

 

baca juga :

Salat Tarawih di Rumah, Salat Id Ditiadakan

Redaksi Global News

Materi Arema FC Matang, Eduardo Almeida Tak Punya Alasan Gagal Juara

Redaksi Global News

Pemerintah Kaji Rantai Pasok Pangan di Jakarta jika Terjadi Lockdown

Redaksi Global News