Global-News.co.id
Kesehatan TNI Utama

Percepat Vaksinasi Booster, TNI AL-Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal di Grand City

Salah satu anak mendapatkan vaksin dosis 1 dalam kegiatan vaksinasi massal yang digelar TNI AL-Koarmada II di Grand City, Sabtu (23/7/2022).

SURABAYA (global-news.co.id) – Untuk kelima kalinya, TNI AL – Dinas Kesehatan (Diskes) Koarmada II menggelar vaksinasi massal di Grand City Surabaya, Sabtu (23/72022). Vaksinasi  massal yang digelar bekerjasama dengan Persos Hwa Ind ini meliputi vaksin booster dan dosis 1 dan 2 untuk anak-anak dan dewasa.

Ribuan warga tampak antusias untuk mendapatkan vaksin. Dengan standar prokes ketat,  mereka antre mendapatkan panggilan untuk vaksin. Sejumlah orangtua tampak mengantarkan anaknya. Salah satunya Ny Rini, warga Klampis yang mengantar anak tunggalnya, Kaila yang berumur 7 tahun.

Kaila tampak takut saat duduk di meja petugas vaksin. Bolak balik berdiri, enggan divaksin. Ibunya terlihat menenangkannya. “Sebelumnya dia sendiri yang mau divaksin. Saat tiba di sini, sempat takut juga. Setelah dibujuk dan ditenangkan, baru mau divaksin,” kata Ny Rini.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Koarmada II Kolonel Laut (K) Hendra Widjajanto Sp  KK menjelaskan kegiatan vaksinasi massal digelar karena tingginya permintaan masyarakat akan vaksin booster dan dosis 1 dan 2. Apalagi saat ini vaksin booster menjadi syarat perjalanan dan masuk ke ruang publik seperti pusat perbelanjaan, mal, hingga kantor mulai 17 Juli 2022.

“Permintaan itu kami respon dengan menggelar vaksinasi massal ini. Kami harapkan pelaksanaan vaksinasi ini bisa tercapai sesuai dengan kebutuhan kita  guna meningkatkan imunitas dan kesehatan tubuh. Untuk kegiatan kali ini kami bekerjasama dengan Persos Hwan Ind,” katanya.

Kegiatan ini, kata Kolonel Laut Hendra, juga sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19. Apalagi saat ini tren kenaikan kasus Covid-19  kembali terjadi, seiring dengan munculnya varian baru omicron yakni BA4, BA5 dan BA 2.75. “Warga membutuhkan vaksin lengkap, ini yang kami turut berpartisipasi mempercepat vaksinasi booster bagi mereka yang belum mendapatkan,” katanya.

Setiap hari pihaknya menyiapkan 1.000 dosis.  Dua hari pelaksanaan membutuhkan 2.000 dosis. Namun karena tingginya minat masyarakat, pihaknya sudah mengantisipasi dengan menyiapkan 3.000 dosis.

Kegiatan percepatan vaksinasi ini dilaksanakan selama dua hari mulai 23 – 24 Juli 2022. Dalam Vaksinasi Tim Vaksinator Diskes Koarmada II mengerahkan kurang lebih 50 personel tenaga kesehatan.

Sementara itu Ketua Umum Persos Hwa Ind, Merry Tanhart, menjelaskan, seiring naiknya kasus Covid-19, permintaan vaksinasi tinggi. Karena itu pihaknya mendukung kegiatan Koarmada II untuk menggelar kegiatan vaksinasi massal. Dia melihat saat ini warga sadar, dengan  mendapatkan vaksin lengkap  jika kena Covid-19 kasusnya tak parah.

“Itu yang mendorong banyak warga antusias mengikuti vaksinasi massal ini. Tetapi yang sangat penting, jika Anda divaksinasi dan Anda sudah mendapat booster, tidak berkembang menjadi penyakit parah adalah pesan yang ingin kami ingatkan ke semua orang,” ujarnya.

Pihaknya sengaja memilih hari Sabtu dan Minggu untuk pelaksanaan karena pada Senin – Jumat banyak warga bekerja. Karena itu dalam pelaksanaan vaksinasi dua hari, ribuan warga tercatat ikut serta. (tis)

baca juga :

Sekdaprov Lepas 77 Calon Praja IPDN Angkatan XXXI ke Jatinangor

Redaksi Global News

Dibantu Kemenhub, Walikota Eri Luncurkan TEMAN Bus Trans Semanggi Suroboyo

Redaksi Global News

Pemdes Perlu Pendampingan Kelola Dana Desa

Redaksi Global News