Global-News.co.id
Madura Utama

Pemkab Pamekasan-Unitri Jalin Kemitraan Beasiswa Mahasiswa Asal Pamekasan

PAMEKASAN (global-news.co.id) – Pemkab Pamekasan, Selasa (19/7/2022), menerima kunjungan kerja Rektor Universitas Tribuana Tungga Dewi (Unitri) Malang. Rombongan yang dipimpin Rektor Unitri Prof Eko Handayanto PhD, diterima oleh Asisten Sekdakab Ir Nurul Widiastutik bersama sejumlah pimpinan OPD terkait.

Eko Handayanto mengatakan kunjungan kali ini merupakan lanjutan dari kunjungan Bupati Pamekasan Baddrut Tamam pada tahun 2019 lalu ke Unitri Malang. Saat itu sudah dilakukan penandatanganan kemitraan atau kerjasama antara Pemkab Pamekasan dan Unitri.

Dia mengatakan salah bentuk kemitraan yang bisa diwujudkan adalah mengajak calon mahasiswa asal Pamekasan untuk kuliah di Unitri. Unitri akan memberikan beasiswa berupa pembebasan SPP hingga selesai program S1.

Tiap tahun, kata Eko, Unitri mengalokasikan beasiswa. Sesuai dengan daya tampung tiap tahun Unitri menerima mahasiswa sebanyak 1.600 di mana 1/3 dari jumlah itu diberikan beasiswa bebas SPP. Dari total biaya pendidikan di Unitri, besar SPP mencapai 80 %.

Beasiswa ini, kata Eko adalah beasiswa bagi anak yang berasal dari ekonomi yang tidak mampu dan juga kemampuan akademiknya biasa biasa saja. Akan tetapi mereka memiliki semangat dan keinginan luar biasa untuk belajar.

“Kalau anak yang pinter dan dari keluarga berada mencari perguruan tinggi lebih gampang, tapi kalau dari keluarga yang kurang mampu dan kemampuan akademiknya biasa saja dan memiliki semangat maju tinggi, lantas institusi mana yang mau menampung? Nah inilah sasaran beasiswa kami,” ungkapnya.

Proses seleksi para penerima beasiswa itu nanti, lanjut Eko, diserahkan kepada daerah. Setelah dites pemerintah daerah tinggal memberikan rekomendasi saja dan Unitri siap menerima.

“Nah untuk pelaksanaan seleksi dan tempat pelaksanaannya penerima beasiswa ini, kami serahkan kepada pemerintah daerah. Karena yang mengetahui tentang kemampuan ekonomi orang tua dan kesediannya para calon mahasiswa tentunya adalah pemerintah daerah,” terangnya.

Ir Nurul Widiastutik menyampaikan terima kasih atas kunjungan Unitri ke Pamekasan. Dia mengatakan salah satu program prioritas Pamekasan adalah peningkatan SDM, itu dilakukan bagi aparatur ASN maupun para siswa, mulai dari tingkat SD hingga tingkat mahasiswa.

“Tentunya sejalan dengan apa yang diharapkan Unitri tadi, semoga bisa kita tindaklanjuti nantinya. Tentunya apa yang telah disampaikan, dipaparkan dan diharapkan oleh Bapak Rektor tadi, kami akan laporkan kepada Bapak Bupati,” katanya. (mas)

baca juga :

Pemprov Jawa Timur  Raih Penghargaan Proklim 2021 dari KLHK

Redaksi Global News

Sebulan Tanggulangi Banjir, Warga Alami Gatal-Gatal

Redaksi Global News

Ekonomi Jatim Tumbuh 5,20%, di Atas Pertumbuhan Nasional