Global-News.co.id
Madura Utama

Pamekasan Jajaki Kemitraan dengan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut

Baddrut Tamam memberi cenderamata pada DR Mukhlis Komandan STTAL.
PAMEKASAN (global-news.co.id) – Bupati Pamekasan Baddrut Tamam, Selasa (12/7/22) pagi menerima kunjungan kerja para pejabat dari Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut ( STTAL). Para tamu itu diterima Baddrut Tamam di Ruang Peringgitan Dalam Rumah Dinas Bupati Pamekasan Pamekasan.
Dalam menerima para tamunya itu Baddrut Tamam didampingi Wabup Dr Ir Fattah Jasin dan sejumlah pejabat terkait di lingkungan Pemkab Pamekasan. Sementara dari STTAL rombongan dipimpin oleh Komandan STTAL Laksamana Pertama TNI DR Mukhlis ST, MM, bersama para pejabat struktural STTAL.
Dr Mukhlis mengatakan kunjungan kerja ini merupakan kunjungan silaturrahmi  awal terkait dengan program Pengabdian Masyarakat para mahasiswa STTAL, yang menurut rencana akan dilaksanakan di Pamekasan.
STTAL, kata Mukhlis, merupakan salah satu sekolah dinas yang dimiliki oleh TNI Angkatan Laut yang didirikan sejak tahun 1966. Lembaga ini merupakan badan pelaksana pemerintah pusat dalam rangka mendidik para bintara maupun perwira, baik dalam strata D3, S1 dan S2. Ada rencana membuka S3, lingkup siswanya hanya dari TNI.
Pengabdian mahasiswa atau Kuliah Kerja Nyata (KKN) STTL ini, kata Mukhlis,  merupakan tuntutan sekaligus kewajiban dari STTAL dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dipilihnya Pamekasan, karena daerah ini memiliki pesisir wilayah yang merupakan daerah potensi maritim.
Kegiatan yang akan dilakukan dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat nanti, lanjut Mukhlis, akan berorientasi atau terkait dengan hal-hal yang bisa disinergikan dengan program pembangunan Pemkab Pamekasan.
“Kami juga mendapat program yang selaras dengan program Gubernur Jatim terkait Kampung Pintar. Jadi  kami berupaya juga mendistribusikan para mahasiswa ini dalam rangka menyampaikan materi sesuai dengan bidangnya,” ungkapnya.
“Kalau diperlukan pembinaan Bahasa Inggris, kita juga bisa, teknik elektro, teknik mesin, intrografi dalam rangka pertahanan laut, juga bisa melaksanakan kegiatan selain yang bisa dilakukan, misalnya kerjabakti. Oleh karena itu kedatangan kami kini sekaligus menggali nanti kira kira ada program apa yang mungkin bisa kita kerjasamakan bersama,” imbuhnya.
Bupati Pamekasan Baddrut Tamam berterima kasih Pamekasan dijadikan lokasi pengabdian para mahasiwa STTAL. Lebih dari itu dia juga membuka kemungkinan untuk bermitra di bidang lain, misalnya mahasiswa STTAL  didatangkan untuk memberikan informasi ke SLTA favorit di Pamekasan bekerja sama dengan Pemkab Pamekasan.
Dia mengungkapkan beberapa waktu lalu pihaknya telah berkunjung untuk membangun kemitraan atau kerjasama dengan Polda Jatim, Akmil, AL, AU. Tapi  peminat untuk AL dan AU di Pamekasan sangat sedikit. Yang banyak di kepolisian, kedokteran, STPDN, Akpol dan Akmil.
“Pada tahun 2023 kami akan melakukan penguatan lagi, anak anak SMA SMA yang mau daftar di Akmil, Akpol  selama kelas 3 sudah akan kita latih kerjasama antara Pemkab dengan Kepolisan dan Kodim akan dilatih. Sudah kita persiapkan,” pungkasnya. (mas)

baca juga :

Polresta Sidoarjo Akan Tindak Tegas Perjudian dan Money Politic Pilkades

Mengekspos Budaya Toleransi di Surabaya, Mahasiswa UK Petra Raih Juara 1 Tingkat Internasional

Redaksi Global News

Mantan Gubernur Papua Lukas Enembe Meninggal Dunia

Redaksi Global News