Global-News.co.id
Sport Utama

Malaysia Open: Fajar/Rian ke Final Setelah Gilas Wakil Tuan Rumah

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto untuk ketiga kalinya menghabisi pasangan tuan rumah pada turnamen Malaysia Open 2022

JAKARTA (global-news.co.id) – Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto untuk ketiga kalinya menghabisi pasangan tuan rumah pada turnamen Malaysia Open 2022 lewat kemenangan atas Goh Sze Fei/Nur Izzudin pada babak semifinal, Sabtu (2/6).

Kemenangan Fajar/Rian atas wakil tuan rumah juga lagi-lagi diakhiri dengan dua gim langsung, kali ini dengan skor 21-14, 21-12.

Dua ganda putra Negeri Jiran yang sudah ditundukkan Fajar/Rian, yaitu Goh V Shem/Low Juan Shen 21-18, 21-9 pada babak pertama, dan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi 21-13, 21-9 pada perempat final.

Pada laga Sabtu, ritme cepat menjadi andalan Fajar/Rian untuk mengunci kemenangan gim pertama. Lewat pertahanan yang rapih dan serangan yang akurat, mudah saja bagi unggulan keenam untuk unggul pada gim pembuka.

Kunci kemenangan Fajar/Rian ialah dengan mencetak poin sebanyak mungkin sebelum interval. Pasangan Indonesia itu memimpin 3-0, 8-2, dan 11-5 pada paruh awal.

Pada paruh kedua, Goh/Izzuddin sempat melakukan perlawanan dengan strategi serangan yang lebih berani. Berbeda dengan awal gim yang lebih banyak tertekan di zona belakang, kini pasangan Malaysia memasang kuda-kuda di zona depan.

Meski skor kedua pasangan mendekat hanya 18-13 atau selisih lima poin, namun Fajar/Rian tetap konsisten hingga akhir gim dengan menyajikan pengembalian cepat yang disertai smes.

Pada gim kedua, Goh/Izzuddin memberikan perlawanan alot dan mampu memimpin atas pasangan Indonesia. Namun keunggulan yang diraih pasangan peringkat ke-12 hanya bertahan sementara.

Goh/Izzuddin yang bermain di hadapan penggemarnya justru terlihat tertekan, dan kerap membuat error yang seharusnya bisa diminimalisir. Misalnya pada awal gim saat servisnya gagal menabrak net, atau smes menyilang yang terlalu jauh hingga keluar lapangan.

Kondisi ini menguntungkan Fajar/Rian untuk terus menekan dan mencuri keunggulan. Usai menyamakan skor 6-6, Fajar/Rian terus melaju meninggalkan lawannya bahkan secara dramatis mencetak delapan poin beruntun dari skor 10-8 menjadi 18-8.

Pertandingan antara Fajar/Rian dan Goh/Izzuddin pun berakhir hanya dalam 37 menit, mencatatkan kemenangan keenam dari total tujuh pertemuan mereka.

Pada partai puncak, Fajar/Rian berpotensi melakoni laga pengulangan dari babak final Thailand Open 2022 dengan melawan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi atau menghadapi wakil Malaysia keempat kalinya dengan menghadapi Aaron Chia/Soh Wooi Yik. (ntr, ins)

baca juga :

Nama Komeng Disebut di Sidang Imam Nahrawi

Redaksi Global News

Surabaya Fashion Parade 2023: Anak-anak Tampilkan “Ethnic Colorful”

Redaksi Global News

Dwigol Dimas Drajad Antar Persikabo 1973 Taklukkan PSS

Redaksi Global News