Global-News.co.id
Sport Utama

Madura United Pecundangi Persib di Kandang

Pemain Persib Bayu Fiqri (kiri) berusaha menghadang pemain Madura United Lulinha dalam laga di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Jabar, Sabtu (30/7/2022). (foto: Antara)

BANDUNG (global-news.co.id) – Tim Madura United mempecundangi Persib Bandung di kandangnya sendiri dan meraih kemenangan 3-1 atas tuan rumah dalam lanjutan Liga 1 Indonesia 2022-23 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (30/7/2022).

Meskipun sempat tertinggal lebih dulu dari tuan rumah akibat gol David da Silva, Laskar Sape Kerrab–julukan Madura United–sukses membalikkan keadaan melalui Luiz ‘Lulinha’ Marcelo, Pedro Henrique, dan eksekusi penalti Hugo Gomes.

Hasil itu mengantarkan Madura United kembali ke puncak klasemen, yang sehari sebelumnya sempat diduduki oleh PSM Makassar. Sama-sama mengoleksi enam poin, Madura United punya superioritas selisih gol berupa surplus 10 dibandingkan PSM yang hanya surplus tiga.

Sedangkan Persib, yang musim ini masih belum membukukan kemenangan, harus rela melorot ke urutan ke-12 turun dengan catatan satu poin dan selisih gol defisit dua.

Tampil di hadapan pendukungnya sendiri pasukan Maung Bandung bermain cukup percaya diri di awal laga dan sukses membuka keunggulan melalui sentuhan pertama Da Silva menyambut umpan tarik Frets Butuan pada menit ke-16.

Gol itu menambah kepercayaan diri Persib yang berusaha terus menguasai jalannya pertandingan, tapi memasuki 15 menit terakhir babak pertama irama permainan tuan rumah mulai goyah dan Madura United menciptakan kemelut di depan gawang lawannya sayang belum mampu membuahkan balasan.

Semenit jelang turun minum Hugo Gomes melepaskan tembakan jarak jauh yang masih mudah diamankan kiper Persib Fitrul Dwi demi menjaga keunggulan 1-0 tuan rumah atas Madura United saat babak pertama berakhir.

Persib memasuki babak kedua dengan menurunkan Dedi Kusnandar menggantikan Ezra Walian, tapi justru Madura United yang mengambil alih kendali permainan.

Upaya tim tamu mencetak gol balasan akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-59 saat Lulinha menyambar bola muntah hasil tembakan Malik Risaldi yang gagal diantisipasi sempurna oleh Fitrul.

Skor imbang kian memacu semangat dan kepercayaan diri para pemain Madura United yang kemudian sukses berbalik merebut keunggulan melalui gol Pedro Henrique pada menit ke-68.

Berawal dari situasi serangan balik, Esteban Vizcara menggiring bola ke area pertahanan Persib sebelum mengopernya kepada  Henrique yang sukses melewati hadangan Rachmat Irianto sebelum memperdaya Fitrul.

Gol tersebut disambut Robert Rene Alberts dengan melakukan pergantian ganda demi memasukkan Kakang Rudianto dan Zalnando menggantikan Erwin Ramdani dan Bayu Fiqri.

Sayangnya, langkah itu tak cukup mengubah keadaan. Madura United malah kian percaya diri dan beroleh hadiah tendangan penalti pada menit ke-77 ketika Lulinha dijatuhkan oleh Fitrul di dalam area terlarang.

Hugo Gomes yang maju jadi algojo harus dua kali mengeksekusi tendangan penalti, karena wasit menilai ia terlalu berlama-lama melepaskan tendangan. Kendati demikian, Gomes tetap sukses menaklukkan Fitrul demi memperbesar keunggulan Madura United jadi 3-1 atas Persib.

Upaya Persib mengubah keadaan berpacu dengan waktu yang berlalu tanpa ada perubahan skor, dan Madura United membawa pulang tiga poin penuh ketika wasit meniup peluit tanda pertandingan usai.

Di pertandingan selanjutnya, Persib akan bertandang ke markas Borneo FC pada Minggu (7/8) pekan depan, sedangkan Madura United sehari sebelumnya menjamu Persik Kediri. (ntr, ins)

baca juga :

Selesaikan Masalah Surat Ijo, Pemkot Surabaya Ikuti Aturan Hukum yang Berlaku

Redaksi Global News

Antara Alfeandra, Marselino dan Bagus, Calon Pemikat Shin Tae Yong

Redaksi Global News

Antibodi untuk Blokir Infeksi Virus Corona Ditemukan