Global-News.co.id
Sport Utama

Liga I 2022/2023: Kekalahan Perdana Beri Persebaya Pelajaran

Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso

BOGOR (global-news.co.id) – Bukannya pulang membawa poin, tim Persebaya Surabaya justru membawa pulang banyak pelajaran dari kekalahan pada laga perdana BRI Liga 1 2022/2023. Itu setelah tumbang 1-0 di tangan tuan rumah Persikabo 1973 yang berlangsung di Stadion Pakansari, Bogor, Senin (25/7/2022) malam.

Gustavo Tocantins yang jadi aktor antagonis bagi Persebaya lewat lesakan golnya dari titik putih pada menit ke-53. Hadiah penalti diberikan wasit setelah bek tengah Persebaya, Dandi Maulana, melakukan pelanggaran kepada Dimas Drajad.

Kapten dan gelandang Persebaya Surabaya M Alwi Slamat mengaku gol tersebut dapat membuat rekan-rekannya lebih banyak belajar. Tidak hanya soal kebobolan, tetapi juga kegagalan menyarangkan gol.

“Meskipun kita tidak berhasil meraih tiga poin, kita jauh-jauh ke sini bisa untuk mendapat pelajaran dari pertandingan tadi. Kita akan evaluasi dan kita akan benahi untuk pertandingan selanjutnya,” katanya.

Senada dengan kapten tim, pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso mengaku pelanggaran tersebut sangat tidak perlu dilakukan. Dia juga sudah menekankan kepada pemain untuk tidak melakukan pelanggaran di lini belakang.

“Tapi mungkin mereka lupa atau entah seperti apa, yang jelas di situasi itu tidak perlu ditekel. Ini pelajaran buat pemain saya untuk lebih tenang kita menghadapi satu lawan satu,” ujar pelatih berlisensi AFC Pro.

“Sebenarnya bolanya tidak berbahaya, hanya saja pemain kami salah mengambil keputusan yang akhirnya terjadi penalti. Tetapi ini masih awal, masih banyak pertandingan. Kami akan evaluasi agar lebih baik di pertandingan kedua,” sambungnya.

Pada laga tersebut, Persebaya cukup dominan dalam hal penciptaan peluang, 13 tembakan dilepaskan dan lima di antaranya tepat sasaran. Namun seperti halnya bertahan, serangan Persebaya masih perlu pembenahan, utamanya soal efektivitas.

Dia berdalih hal tersebut wajar karena para pemainnya banyak yang baru mencicipi kompetisi Liga 1. Sehingga, para punggawa Bajul Ijo masih perlu adaptasi. Dia yakin timnya bisa lebih banyak berbicara di pertandingan yang akan datang.

“Anak-anak di menit-menit awal belum begitu menemukan sentuhan. Baru di babak kedua yang menurut saya tidak ada masalah,” ujarnya.

Persebaya akan menjamu Persita pada pekan ke-2 Liga 1 2022/2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin (1/8) malam. (lib, sba)

baca juga :

MTQ XIV PW JQHNU Jatim Kapolda Cup Digelar Virtual

Redaksi Global News

PPKM Surabaya Level 1, Walikota Eri: Waktunya Kebangkitan Ekonomi

Redaksi Global News

Koordinasi dengan Polisi, Pemprov Akan Tertibkan Geng Kriminalitas

Redaksi Global News