Global-News.co.id
Nasional Utama

Kloter Pertama Jamaah Haji Debarkasi Surabaya Tiba di Juanda

Jamaah haji debarkasi Surabaya sebagian sujud syukur setibanya di Bandara Juanda

SURABAYA (global-news.co.id) – Sebanyak 450 haji kloter pertama Debarkasi Surabaya tiba di Bandar Udara Juanda di Sidoarjo pada Minggu (17/7/2022) pagi, yang kemudian dikumpulkan di Asrama Haji Sukolilo sebelum kembali ke daerahnya masing-masing.

“Kloter pertama mendarat sekitar pukul 05.00 WIB pagi tadi, lalu pukul 07.00 WIB sudah berada di Asrama Haji,” ujar Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa kepada wartawan di Surabaya.

Jamaah kloter awal ini terdiri dari 446 orang asal Kabupaten Tuban, ditambah petugas kloter dan kesehatan sebanyak empat orang.

Saat keberangkatan, kloter pertama dilepas oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin didampingi Gubernur Khofifah pada Sabtu, 4 Juni 2022.

Dijadwalkan, kloter kedua yang juga membawa 450 orang  tiba di Bandara Juanda pada Ahad siang pukul 12.55 WIB.

Kloter dua terdiri dari 150 haji asal Kabupaten Tuban, sebanyak 276 haji dari Kabupaten Bojonegoro, 20 haji dari Kota Surabaya, ditambah empat orang petugas.

Gubernur Khofifah berterima kasih kepada seluruh petugas yang hingga saat ini terpantau baik dalam memberikan pelayanannya, mulai saat pemberangkatan awal bulan lalu.

“Ini semua adalah kerja tim yang luar biasa. Semoga berjalan lancar dan tidak ada halangan sampai 38 kloter semuanya tiba di Surabaya,” ucap orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut.

Sebelum menyambut kedatangan jamaah haji, mantan menteri sosial itu memimpin rapat koordinasi dengan berbagai pemangku kebijakan terkait demi lancarnya proses kedatangan, hingga tiba di daerah asal masing-masing.

“Jangan dilupakan, saat ini masih pandemi Covid-19, sehingga para jamaah harus benar-benar menjaga kondisi kesehatannya,” kata Khofifah.

“Bagi para tamu yang datang ke rumah jamaah haji untuk bersilaturahim jangan lupa harus sama-sama pakai masker,” kata gubernur perempuan pertama di Jatim tersebut.

Sementara itu, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surabaya telah bersiap menyambut kedatangan seluruh jamaah haji yang tercatat saat keberangkatan jumlahnya sebanyak 16.835 orang.

“Kami siapkan dari berbagai aspek, mulai tempat kedatangan, barang bawaan serta kesehatan jamaah,” kata Sekretaris PPIH Debarkasi Surabaya Abdul Haris. (ntr, ins)

baca juga :

Bank Jatim Serahkan CSR Kepada Pemerintah Kota Malang

Redaksi Global News

Indonesia Open 2023: Tekuk Shi Feng, Ginting Pukau Penonton di Semifinal

Peran Perempuan dalam Dunia Usaha Kecil Perlu Ditingkatkan