Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Utama

Kinerja Bank Jatim Terus Tunjukkan Pertumbuhan Positif di Semester I 2022

Budi Sumarsono (Corporate Secretary), Busrul Iman (Direktur Utama), Edi Masrianto (Direktur Komersial & Korporasi) usai menghadiri Analyst Meeting yang digelar di Hotel Ritz Carlton Jakarta

SURABAYA (global-news.co.id) – Kinerja keuangan Bank Jatim semester I 2022 menunjukkan performa positif dan tumbuh bila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya (Year on Year / YoY). Jika dibandingkan dengan kinerja industri perbankan secara nasional dan regional Jawa Timur, pertumbuhan kinerja Bank Jatim berada di atas pertumbuhan rata rata.

Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman menjelaskan Bank Jatim tetap mempertahankan asetnya di  atas Rp 100 triliun di semester I 2022 dengan mencatatkan aset sebesar Rp 108,93 triliun dan tumbuh 14,08%. Sedangkan laba bersih Bank Jatim tercatat Rp 815 miliar atau tumbuh 1,49% (YoY).

Pencapaian tersebut didukung oleh pertumbuhan variabel seperti Dana Pihak Ketiga (DPK) Bank Jatim yang mencatatkan pertumbuhan  16,41% (YoY) yaitu sebesar Rp 94,90 triliun.
“Pertumbuhan DPK yang signifikan tersebut menunjukkan bahwa kepercayaan masyarakat kepada Bank Jatim terus meningkat,” katanya dalam Analyst Meeting yang digelar di Hotel Ritz Carlton Jakarta seperti dikutip dalam siaran resmi, Senin (25/7/2022).

Dari sisi pembiayaan, lanjut Busrul Iman,  Bank Jatim mencatatkan pertumbuhan kredit yang positif yaitu tumbuh 2,21% (YoY) atau sebesar Rp. 43,54 triliun. Komposisi rasio keuangan periode Juni 2022 antara lain Return on Equity (ROE) sebesar 17,58 %, Net Interest Margin (NIM) sebesar 4,92 %, dan Return On Asset (ROA) 2,05 %.

Selama semester I 2022, Bank Jatim meraih berbagai penghargaan prestisius dari berbagai ajang yang berbeda. Pada April lalu berhasil memborong penghargaan dari ajang Infobank Digital Brand 2022 dan Top BUMD Awards 2022. Bank Jatim juga berhasil meraih lima penghargaan kategori Bank Umum Konvensional, Tabungan Bank Umum Konvensional, Wealth Management Bank Umum Konvensional, Mobile Banking Bank Umum Konvensional, serta Unit Usaha Syariah Bank Umum Konvensional dalam ajang Infobank Digital Brand 2022.

Sedangkan dalam ajang Top BUMD Awards 2022, berhasil meraih dua penghargaan kategori yaitu TOP BUMD 2022 #Star 5 dan Golden Star Trophy.

Berlanjut di Mei, penghargaan pertama yang diraih Bank Jatim adalah The Best BPD kategori BPD KMBI 2 (Modal Inti Rp 6 triliun s/d 14 triliun) beraset > Rp 100 triliun yang diselenggarakan oleh Infobank Media Group bekerjasama dengan Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (ASBANDA).

Di bulan yang sama, Bank Jatim berhasil menempati Top 50 Emiten Kapitalisasi Pasar Menengah (Mid Cap PLCs) dengan praktik Tata Kelola Perusahaan Terbaik dan meraih kategori Best Disclosure dan Transparency dalam ajang The 13th IICD Award.

Masih di bulan yang sama, juga berhasil meraih kategori sebagai Bank Terbaik 2022 yang diselenggarakan oleh Majalah Investor Berita Satu Media Holdings.

Di penghujung triwulan II, berhasil memborong enam penghargaan sekaligus dari dua ajang penghargaan yang berbeda. Bank Jatim berhasil meraih penghargaan dari The Iconomics dengan kategori “As One Among The Winning Brands in Financial Industry”.

Selanjutnya juga berhasil meraih penghargaan pada ajang 19th Banking Service Excellence Awards 2022 yang diselenggarakan oleh Infobank. Tidak tanggung-tanggung Bank Jatim kali ini berhasil meraih lima penghargaan pada kelompok Bank Pembangunan Daerah (BPD) yaitu kategori media sosial, call center, mobile banking , sms banking, serta kategori Best overall Performance

Untuk meningkatkan layanan transaksi keuangan, Bank Jatim  telah menyematkan fasilitas BI-FAST pada fitur JConnect Mobile sejak pertengahan Juni  lalu. Dengan BI-FAST, sobat Bank Jatim dapat menikmati biaya transfer yang lebih murah, sebesar Rp 2.500 dengan limit transaksi maksimal Rp 250.000.000 sekali transaksi.

Penggunaan BI-FAST saat ini dapat dilakukan melalui JConnect Mobile bankjatim dengan aman karena telah dilengkapi fitur fraud detection dan AML/CFT, sehingga tidak perlu was was dalam menggunakan BI-FAST. (tis)

baca juga :

Embargo Berakhir, Arab Saudi Pulihkan Sepenuhnya Hubungan Diplomatik dengan Qatar

Redaksi Global News

Gabungkan Pendekatan Sains dan Spiritual Lawan COVID-19, Gubernur Khofifah Terima Penghargaan dari Kemenag

Redaksi Global News

Pemkab Magetan Data Kopi Langka Jenis Liberica

Redaksi Global News