Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Kick Off  Harlah 1 Abad NU, Hadirkan Tiga Ulama Kharismatik Baca Puisi

SURABAYA (global-news.co.id) –Acara Kick Off Harlah 1 Abad NU yang digelar oleh Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur di halaman Tugu Pahlawan, Surabaya, benar-benar mampu menjadi simbol harmoni dan keberagaman masyarakat Jawa Timur, Kamis (28/07/2022).
Hal ini tampak pada kemeriahan rangkaian acara yang memadukan berbagai bentuk keberagaman di Jawa Timur sebagai modal kebersamaan. Mulai dari penampilan lintas agama, yaitu seni Barongsai dari Klenteng Boen Bio Kapasan, Surabaya. Ada juga paduan suara dari jajaran Polrestabes Surabaya yang diisi personel dari lintas agama.
Nuansa harmoni juga diwujudkan dengan cara yang sangat unik oleh panitia, yaitu pementasan puisi yang dibacakan oleh tiga ulama kharismatik di Jawa Timur, yaitu Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar, Ketua MUI Jatim KH Moh. Hasan Mutawakkil Alallah serta Ketua PW Muhammadiyah Jatim KH Saad Ibrahim.
Sontak, penampilan ketiganya yang terbilang langka itu, mendapatkan sambutan yang cukup meriah dari ribuan Nahdliyin.
Ketua Panitia Kick Off 1 Abad NU, KH Abdussalam Shohib, mengatakan, pelibatan banyak unsur memang disengaja. Hal ini sesuai dengan tema yang diusung kali ini, yaitu: Harmoni, Kolaborasi dan Inovasi.
“Dengan harmoni, stabilitas keamanan negeri yang kita cintai ini akan terjaga. Dengan harmoni warna negara Indonesia akan tenang melakukan ritual keagamaan,” katanya.
Sementara spirit kolaborasi memiliki makna bahwa berkolaborasi dapat menumbuhkan simpati dan empati pada sesama.
“Serta menyadarkan kita, manusia adalah makhluk sosial,” katanya.
Ia juga menambahkan, perubahan adalah keniscayaan, maka menjadi inovatif adalah kebutuhan. Aspek inovatif tersebut kemudian diwujudkan dengan adanya berbagai penampilan yang menyeiringkan dengan zaman, di antaranya adalah Tupal Fashion Night.
“Tupal Fashion Night ini bukan untuk menyaingi Citayam Fashion Week. Namun untuk memberi teladan bagaimana menyalurkan hobi dengan tidak mengganggu keseimbangan sosial di sekitar kita,” katanya.
Hadir pula dalam kesempatan itu Pengurus YHMCHI-PITI Jatim. (Tamam Malaka)
Keterangan Foto:
1. Tiga Ulama Baca Puisi. Dari kiri,
Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar, Ketua MUI Jatim KH Moh Hasan Mutawakkil Alallah, dan Ketua PW Muhammadiyah Jatim KH Saad Ibrahim.
2. Pengurus YHMCHI-PITI bersama ketua panitia, KH Abdussalam Shohib.

baca juga :

Seto Tersanjung Tampilan Para Pemain Debutan PSS Sleman

Terima Audiensi SPSB, Risma Pastikan Aspirasi Mereka Disampaikan ke Pemerintah Pusat

Redaksi Global News

Perpres untuk Tunjangan PPPK Segera Keluar, Dewan Sambut Gembira

Redaksi Global News