Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Utama

Juni 2022, Keyakinan Konsumen terhadap Perekonomian Jawa Timur Menguat

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jatim Budi Hanoto

SURABAYA (global-news.co.id) –  Keyakinan konsumen terhadap perekonomian Jawa Timur terus meningkat pada Juni 2022, dan tetap berada pada level optimistis. Demikian hasil survei konsumen Bank Indonesia kepada responden rumah tangga di Jatim.

Hal ini tercermin dari indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Juni 2022 sebesar 132,86, lebih tinggi dibandingkan dengan 129,35 pada Mei 2022. “Peningkatan keyakinan konsumen didorong persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini dan ekspektasi kondisi ekonomi ke depan yang membaik,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jatim Budi Hanoto dalam siaran pers, Selasa (12/7/2022).

Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) yang mencerminkan persepsi konsumen terhadap kinerja perekonomian saat ini meningkat dan tetap berada pada level optimistis, yakni sebesar 116,79 pada Juni 2022 lebih tinggi dari 114,13 pada Mei 2022. Peningkatan İKE didorong oleh kenaikan pada seluruh komponen pembentuknya yakni penghasilan saat ini, ketersediaan lapangan kerja serta konsumsi barang tahan lama (durab/e goods).

Sebanyak responden mengalami peningkatan penghasilan dibandingkan dengan enam bulan yang lalu. Sejalan dengan hal tersebut , responden menyatakan ketersediaan lapangan kerja saat ini meningkat. Selanjutnya, 28.62% responden menyatakan terdapat peningkatan konsumsi barang-barang kebutuhan tahan lama..

Ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi 6 bulan ke depan (Desember 2022) menguat, tercermin dari indeks Ekspektasi Konsumen (EK) sebesar 148,93, lebih tinggi dibandingkan Mei 2022 yang sebesar 144,58. Berdasarkan komponen pembentuk EK, peningkatan keyakinan responden terhadap kondisi ekonomi ke depan didorong oleh ekspektasi kegiatan usaha, penghasilan, dan ketersediaan lapangan kerja yang terjaga pada level optimis. “Sebanyak 62,54 0/0 responden menyatakan kegiatan usaha ke depan akan membaik,” kata Budi Hanoto.

Sejalan dengan hal tersebut, 56,02 % responden memprakirakan penghasilan 6 bulan mendatang lebih tinggi. Perkiraan kenaikan penghasilan tersebut didukung oleh ekspektasi peningkatan omset dan tambahan pendapatan di luar gaji/upah. Selanjutnya, 54,1496 responden menyatakan prakiraan ketersediaan lapangan kerja lebih tinggi dipengaruhi oleh kondisi ekonomi yang mulai membaik.

Hasil survei kondisi keuangan konsumen berdasarkan jenis penggunaan menunjukkan mayoritas penghasilan responden pada Juni 2022 digunakan untuk kebutuhan konsumsi pembayaran cicilan/pinjaman (1 1 ,63 0/0), dan tabungan (14,14%). Rata-rata proporsi pendapatan konsumen yang digunakan untuk konsumsi pada Juni 2022 tercatat lebih rendah dari bulan sebelumnya, dimana pada posisi Mei 2022 sebesar 78,32.

Sementara rata-rata rasio pembayaran cicilan/pinjaman meningkat dibandingkan Mei 2022 yang sebesar 9,25 0/0. Rata-rata proporsi pendapatan konsumen yang disimpan sebagai tabungan juga tercatat lebih tinggi dari Mei 2022 yang sebesar 12,43%. (tis, fan)

baca juga :

Danone-Aqua Hadirkan AQUADNC 2020 di 12 Kota

Redaksi Global News

Pebalap Gerry Salim Bangga Didukung Pemkot Surabaya

Piala Dunia 2022: Libas Belanda Lewat Adu Penalti, Argentina ke Semifinal

Redaksi Global News