Global-News.co.id
Jember Raya Nasional Utama

Jember dan Bondowoso Hujan Abu Akibat Gunung Raung Meletus

Pengendara melintas dengan latar belakang Gunung Raung yang mengeluarkan abu vulkanik di Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur, Minggu (14/2/2021). (foto: Antara/dok)

BANYUWANGI (global-news.co.id) – Gunung Raung yang terletak di antara Kabupaten Banyuwangi, Jember dan Bondowoso, Rabu (27/7/2022) sekitar pukul 17:19 WIB meletus dan mengakibatkan hujan abu di wilayah barat dan barat laut (Jember dan Bondowoso).

“Sampai pagi ini alhamdulillah masih relatif landai, status normal, dan aktivitas kegempaan Gunung Raung relatif normal didominasi tremor atau getaran, setelah kejadian kemarin sore sampai sekarang tidak ada susulan,” ujar Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Raung, Mukijo, Kamis (28/7/2022).

Gunung Api yang memiliki ketinggian 3332 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu, katanya, terpantau meletus mulai pukul 17:19 hingga 17:28 WIB dengan empat kali letusan.

Menurut Mukijo, letusan Gunung Raung pada Rabu (27/7) sore, ketinggiannya mencapai 1.500 meter. Meski erupsi Gunung Raung kerap terjadi erupsi seperti sebelumnya, ia tetap mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan tidak panik.

“Kami imbau masyarakat tetap waspada, tapi tak perlu panik,” katanya.

Mengenai dampak erupsi Gunung Raung ini, kata Mukijo, hujan abu terjadi di wilayah timur Kabupaten Jember dan Bondowoso.

“Kemarin kami menerima laporan hujan abu, tapi pagi ini sudah tidak ada lagi laporan hujan abu dampak erupsi Gunung Raung,” tuturnya. (ntr, ins)

baca juga :

DPRD Jatim Berikan Apresiasi ke MA terkait Pembatalan Kenaikan Iuran BPJS

Redaksi Global News

Komisi C Terus Dorong BUMD Jatim agar Bekerja Lebih Optimal

Redaksi Global News

Rekor, Peserta Pelatihan Ling Tien Kung 200 Orang

gas