Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Madura Utama

Hari Raya Idul Adha: Pemkab Sumenep Sediakan Angkutan Mudik Gratis bagi Warga Kepulauan

Pemkab Sumenep menyediakan angkutan kapal mudik gratis pada Idul Adha 1443 Hijriah

SUMENEP (global-news.co.id) – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, menyediakan angkutan kapal mudik gratis pada Idul Adha 1443 Hijriah guna membantu warga kepulauan pulang ke kampung halaman.

Menurut Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, program mudik gratis ini merupakan yang pertama digelar Pemkab Sumenep dengan menggunakan KM Dharma Bhakti Sumekar (DBS) III, dari Pelabuhan Kalianget tujuan Kalianget-Arjasa, Arjasa-Sapeken, Sapeken-Arjasa, dan Arjasa-Kalianget.

“Program mudik gratis ini merupakan wujud kepedulian Pemkab Sumenep bagi warga kepulauan,” katanya di sela-sela acara pelepasan mudik gratis Idul Adha 1443 Hijriah di Pelabuhan Kalianget, Sumenep, Jumat (8/7/2022).

Ia menjelaskan program bantuan mudik gratis saat Idul Adha terselenggara berkat kerja sama antara Pemkab Sumenep dengan sejumlah perusahaan, di antaranya SKK Migas, KKKS Jabanusa yang didukung oleh Kangean Energy Indonesia ltd. (KEI) dan HCML.

Pihaknya merencanakan program mudik gratis tidak hanya diadakan pada Idul Fitri, akan tetapi juga saat Idul Adha, guna membantu masyarakat yang ingin berlebaran di kampung halamannya di kepulauan di daerah setempat.

“Kami agendakan kapal mudik gratis Idul Adha setiap tahun, agar masyarakat bisa terbantu,” katanya.

Program mudik gratis dengan KM Dharma Bhakti Sumekar (DBS) III yang berangkat pada Jumat itu mengangkut 560 penumpang tujuan Kangean dan Sapekan.

“Karena program mudik gratis saat Idul Adha ini merupakan yang pertama, tentu masih banyak kekurangannya. Tapi, ke depan terus kita sempurnakan agar bisa lebih lagi,” ujarnya.

Syarat untuk ikut program mudik gratis, warga menyerahkan fotokopi KTP elektronik kepada petugas kapal. (ara, sum)

baca juga :

Tinjau Vaksinasi di Santa Maria, Walikota Pastikan Surabaya Capai 97,5 Persen Dosis 1

Redaksi Global News

Polda Bongkar Komplotan 18 Hacker Milenial Kartu Kredit

Redaksi Global News

Grand Dafam Gelar Pameran Pernikahan You&I