Global-News.co.id
Jember Raya Nasional Utama

Erupsi Semeru, Baznas RI Salurkan Bantuan 340 Unit Huntara untuk Warga Penyintas

Baznas RI salurkan bantuan 340 unit Huntara kepada Pemkab Lumajang, untuk masyarakat penyintas erupsi Gunung Semeru

LUMAJANG (global-news.co.id) – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI salurkan bantuan 340 unit hunian sementara (Huntara) kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, untuk masyarakat penyintas erupsi Gunung Semeru.

“Saya mewakili Baznas RI hari ini, diberikan kelancaran sampai di tempat ini untuk melaksanakan babak awal dari program kami untuk melanjutkan pembangunan Huntara,” ungkap Deputi Baznas RI, M. Imdadun Rahmat dalam kegiatan Peletakan Batu Pertama, Pembangunan 340 unit Huntara oleh Baznas RI, di kawasan relokasi Bumi Semeru Damai (BSD) Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Senin (18/7/2022).

Imdadun Rahmat juga mengungkapkan, Baznas merupakan badan amil zakat negara yang bertugas sebagai pelaksana atau penyambung amanah dari para muzaki atau donatur untuk menyalurkan infaq dan sodaqohnya untuk meringankan para korban yang terdampak bencana serta membantu masyarakat yang membutuhkan uluran bantuan lainnya.

“Sebagai badan amil zakat negara, kami akan terus menjalankan amanat sebaik-baiknya dari para muzaki, agar zakat yang dititipkan kepada kami betul-betul bermanfaat bagi penerima, dan memberikan dampak nyata perbaikan hidup dalam mengatasi masalah kebutuhan primer hingga zakat itu benar-benar bisa dikembangkan menjadi program produktif yang berjangka panjang untuk masyarakat,” kata dia

Dirinya berharap, bantuan dalam bentuk Huntara ini dapat memberikan manfaat dan kemaslahatan masyarakat penyintas erupsi Gunung Semeru.

“Semoga bantuan ini menjadi daya ungkit untuk mengembalikan ke kehidupan normal bagi para korban bencana dan lebih jauh dari itu, yakni bisa meningkatkan taraf kehidupannya,” ujarnya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Lumajang, Basuni, menyampaikan, pihaknya berterima kasih kepada pihak Baznas RI, yang telah memberikan bantuan Huntara untuk masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru.

“Mudah-mudahan bantuan 340 Huntara yang akan dibangun di kawasan relokasi ini, bisa segera dimanfaatkan oleh masyarakat penyintas Gunung Semeru,” harapnya.

Ia menambahkan, Pemkab Lumajang setiap menerima bantuan untuk pembangunan Huntara, pihaknya pasti segera diserahkan ke Baznas yang kemudian disalurkan ke masyarakat dalam bentuk pembangunan Huntara dan fasilitas yang ada di kawasan relokasi. (kmf, lmj)

baca juga :

Jelang Bertolak ke PON XX Papua, Loncat Indah Jatim Gelar Simulasi Terakhir

Redaksi Global News

Liga 1: Uji Coba Arema FC Saat Jeda sebagai Ujian Peningkatan Level Pemain

Redaksi Global News

Pemilu 2024: Forkompimda Surabaya Optimistis Partisipasi Minimal 85 Persen

Redaksi Global News