Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Jember Raya Utama

Dukung Pengembangan Lingkungan Mandiri, Pertamina Inisiasi Program CSR Jemparing Wangi

Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) di Lingkungan Papring Banyuwangi guna menjaring aspirasi dari masyarakat setempat.

BANYUWANGI (global-news.co.id) – PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus Integrated Terminal Tanjung Wangi menginisiasi program CSR Jemparing Wangi sebagai upaya mengembangkan lingkungan mandiri di Desa Papring. Hal ini sejalan dengan upaya dukungan Pertamina atas gagasan warga Lingkungan Papring Kelurahan Kalipuro, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi untuk menjadi lingkungan mandiri pada Focus Group Discussion (FGD) di Lingkungan Papring beberapa saat lalu.

“FGD ini adalah salah satu cara untuk menjaring aspirasi dari masyarakat baik itu permasalahan maupun potensi yang ada. Melalui FGD di Desa Papring ini, ditemukan permasalahan terkait keterbatasan air, akses pendidikan, dan kesehatan. Selain itu potensi ekonomi perempuan dan pemuda menjadi salah satu temuan yang akan dikembangkan dalam program Jemparing Wangi yang nantinya akan membuat lingkungan Papring menjadi Mandiri,” kata Spv. HSSE IT Tanjung Wangi, Muhammad Naufal Aditya Fahmi seperti dalam siaran resmi, Senin (18/7/2022).

Adapun alasan pemilihan lingkungan Papring untuk dijalankannya program Jemparing Wangi, Community Development Officer Integrated Terminal Tanjung Wangi, Erlisa Galis menambahkan program ini terinspirasi dari Kelompok Kampung Adat Batara yang selalu berusaha selalu melestarikan budaya dan memberikan pendidikan yang layak dan terdepan untuk anak-anak di Papring meskipun terbatas akses.

“Oleh karena itu kami mendukung masyarakat di Papring untuk menjadi mandiri dengan Program Jemparing Wangi. Nama Jemparing Wangi merupakan kepanjangan dari Jelajah Edukasi Masyarakat Pegiat Bambu Papring,” katanya.

Dijelaskannya, pada awalnya program berfokus pada pengembangan masyarakat pegiat bambu. Tahun ini, program yang sudah masuk tahun keempat pembinaan ini akan dikembangkan menjadi payung program untuk berbagai usulan program yang akan dibuat dari hasil FGD ini, seperti akses air bersih, pendidikan dan kesehatan serta pengembangan potensi ekonomi.

Kegiatan yang juga melibatkan tokoh masyarakat dan masyarakat Papring ini juga dimeriahkan oleh kelompok musik dari anak-anak Papring yang tampil membawa lagu-lagu daerah hingga lagu modern yang dialunkan dengan alat musik tradisional. Tentu hal ini layak mendapat apresiasi di tengah era digital yang sedikit demi sedikit juga menggerus eksistensi kesenian tradisional daerah.

Pada kesempatan terpisah, Integrated Terminal Manager Tanjung Wangi, Andrie Buana menyampaikan bahwa Pertamina akan memberikan dukungan atas inisiasi warga untuk mejadi lingkungan yang mandiri. Yang tentunya untuk mewujudkan hal tersebut Pertamina tidak bisa melaksanakannya tanpa bantuan dari pihak-pihak terkait, baik itu dari pemerintahan setempat, warga, dan instansi lainnya.

“Pertamina telah memberikan ruang bagi masyarakat Papring dan lintas organisasi pemuda serta penggiat pendidikan di Kampung Papring untuk bersama-sama membangun Kampung Papring agar lebih berdaya,” katanya.

Melalui FGD ini, lanjutnya, setidaknya telah mendapatkan poin-poin vital yang dibutuhkan masyarakat Papring dalam mengembangkan kampungnya. Baik dari pengelolaan SDA yang telah dilaksanakan oleh generasi muda Papring, pemanfaatan dan pengelolaan air bersih bagi masyarakat Papring, sarana dan prasarana pendidikan bagi anak-anak Papring melalui Sekolah Adat Kampoeng Batara serta pengembangan kerajinan bambu Papring.

Pjs. Area Manager Comm Rel. & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus Rusminto Wahyudi menjelaskan pelaksanaan program CSR Pertamina sejalan dengan penerapan Environment, Social & Governance (ESG) dan Sustainability Development Goals (SDGs). Pertamina selalu berupaya seimbang dalam menjalankan bisnis perusahaan. Demi menjaga kesinambungan bisnis perusahaan, Pertamina juga berupaya mengembangkan program CSR terutama di sekitar wilayah operasional perusahaan.

“Melalui kegiatan FGD ini harapan kami dapat membantu pelaksanaan program CSR Pertamina agar berjalan sesuai dengan kebutuhan masyarat dan pelaksanaan kegiatan ini sendiri merupakan bagian dari program Tanggung Jawab dan Sosial Lingkungan (TJSL) Pertamina. Pada kesempatan ini, kami mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah dan lembaga instansi terkait di Pemerintah Kecamatan Kalipuro khususnya Kelurahan Kalipuro Desa Papring,” tutup Rusminto. (tis, fan)

baca juga :

Komunitas Sepeda Onthel Sidoarjo Dukung Gus Muhaimin Capres 2024.

21 Juli: Tambah 1.655 Kasus, DKI Jakarta Tertinggi

Gelar Doa Bersama Netizen Sambut HUT Humas Polri Ke-72

Redaksi Global News