Global-News.co.id
Mancanegara Sosok Utama

Donasikan Rp 300 T, Bill Gates Akan Keluar dari Daftar Orang Terkaya Dunia

Bill Gates akan mendonasikan US$20 miliar dari total kekayaannya US$114 miliar

BILL GATES, salah satu orang terkaya dunia, berencana mendonasikan US$20 miliar atau setara Rp300 triliun (Rp15 ribu per dolar AS) kekayaannya untuk dana abadi Yayasan Bill and Melinda Gates.

Yayasan yang dibentuk Bill Gates dengan mantan istrinya itu merupakan lembaga filantropi terbesar di dunia. Yayasan ini akan meningkatkan amal hingga 50 persen di atas tingkat prapandemi, yaitu dari US$6 miliar per tahun menjadi US$9 miliar pada 2026 nanti.

Yayasan Bill and Melinda Gates fokus pada amal untuk meningkatkan kesehatan global, kesetaraan gender, termasuk isu pendidikan.

Mengutip CNN Business, Kamis (14/7/2022), pendiri Microsoft dan mantan istrinya itu berjanji akan menyumbangkan sebagian besar kekayaan mereka untuk yayasan mereka dan filantropi lainnya.

Yayasan itu didirikan ketika keduanya masih bersama. Saat ini, setelah mereka bercerai pada Mei 2021 lalu, keduanya tetap berkomitmen dan bekerja sama sebagai ketua yayasan.

Kekayaan bersih Bill Gates diperkirakan mencapai US$114 miliar. Menurut indeks Miliarder Bloomberg, ia adalah orang terkaya ke-4 di dunia. Sebagian besar kekayaannya berasal dari saham Microsoft.

Pun demikian, Bill Gates mengaku tidak pernah berniat untuk duduk di peringkat orang terkaya selamanya.

“Saya akan turun (dari daftar orang terkaya) dan akhirnya keluar dari daftar orang terkaya di dunia,” ujarnya dalam sebuah unggahan blog.

“Saya berkewajiban mengembalikan sumber daya (kekayaan) saya kepada masyarakat dengan cara yang memiliki dampak besar untuk meningkatkan kualitas hidup. Saya berharap orang kaya lainnya juga akan mengambil langkah serupa,” ujarnya. (cnn, ins)

baca juga :

Penanganan Covid-19 Terbaik, Kota Surabaya Terima Penghargaan dari Pemprov Jatim

Redaksi Global News

Lewat Video Conference, Gubernur Khofifah Ucapkan Selamat pada Pasien yang Dinyatakan Sembuh dari Covid-19 Usai Dirawat Tiga Minggu di RSUD Dr Soetomo

gas

Jumlah Penumpang KA Terus Meningkat

Redaksi Global News