Global-News.co.id
Sport Utama

Atlet Nasional Berjaya di Kejurnas Balap Sepeda di Banyuwangi

Pembalap sepeda Jabar dari klub Mula Cycling Team, Aiman Cahyadi (tengah) bersama Muhammad Abdurahman (kanan) dan Odie Purnama (kiri) saling bersalaman di atas podium. (foto: Antara)

BANYUWANGI (global-news.co.id) – Nomor Individual Road Race (IRR) Kejuaraan Nasional Balap Sepeda Indonesian National Championship (INC) 2022 dikuasai para pembalap nasional yang berlaga pada SEA Games 2022.

Pada kategori elite putra nomor IRR, Aiman Cahyadi dari Mula Cycling Team Jogjakarta menjadi yang tercepat sekaligus merebut jersey Merah Putih pada perlombaan Senin (18/7).

Aiman mengatakan, kejurnas kali ini sangat kompetitif karena kemampuan para pembalap sangat merata. Selain itu, rute naik turun (roling) yang disuguhkan sangat menguras tenaga dan secara keseluruhan rutenya sangat keren serta berkelas dunia.

“Kejurnas di Banyuwangi sangat keren dan berkelas dunia, mulai dari kompetisinya, pengamanannya, hingga rutenya sangat luar biasa. Jauh jika dibandingkan dengan SEA Games Vietnam,” kata Aiman.

Peraih medali perak nomor IRR SEA Games Vietnam tersebut berharap Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI) bisa memperbanyak kejuaraan yang kompetitif seperti yang diselenggarakan di Banyuwangi sehingga para pembalap Indonesia bisa semakin berkembang dan bisa bersaing pada ajang internasional.

“Kalau bisa PB ISSI memperbanyak kejuaraan yang kompetitif karena dengan even seperti di kejurnas ini akan muncul juara dunia, seperti Bernard Benjamin Van Aert,” kata Aiman.

Aiman berhasil meraih jersey Merah Putih usai mengalahkan Odie Purnama dari Nusantara Cycling Jogjakarta dan Muhammad Abdurohman yang berada pada posisi kedua dan ketiga.

Balap sepeda start dari Kantor Bupati Banyuwangi dan finis di Perkebunan Kalibendo sejauh 154 km tersebut, para pembalap sempat terpecah menjadi tiga rombongan.

Aiman Cahyadi berada di rombongan kedua. Namun, memasuki kilometer ke-100, Aiman mencoba mengejar rombongan terdepan dan akhirnya 2 kilometer menjelang finis sempat beradu kecepatan dengan Odie hingga akhirnya finis terdepan sekaligus meraih medali emas.

Sementara pada elite putri, jersey Merah Putih juga diraih pembalap SEA Games 2022 Vietnam, yakni Ayustina Delia Priantna (KGB Jawa Barat). Sementara Liontin Evangelina dari Jogjakarta berada di posisi kedua dan Gita Widya Yunika (KIC Jawa Barat) di urutan ketiga.

Pelatih Kepala Tim Balap Sepeda Nasional, Dadang Haries Purnomo, mengatakan, pada nomor IRR dengan jarak 154 km para pembalap harus memiliki ketahanan yang sangat bagus karena selain rutenya panjang, mereka akan melintasi tanjakan di lereng Gunung Ijen sehingga harus memiliki ketahanan stamina yang bagus agar bisa menjadi juara.

Untuk nomor IRR kategori elite putra dan U-23 putra menempuh jarak sejauh 154 km. Sementara elite putri dan U-23 putri menempuh 108 km, sedangkan kelas junior dan youth sepanjang 64 km dan 18 km, dengan start di depan Kantor Bupati Banyuwangi dan finis di perkebunan Kalibendo. (ntr, ayu)

baca juga :

Ajib Abdullah: Tidak Ada Sapi Mati Karena PMK

gas

Dikenal Supel dan Periang, Ramisya Tewas Digigit Anjing Peliharaan

Redaksi Global News

Komandan Paul Hendry

gas