Global-News.co.id
Koperasi dan UKM Utama

Arumi Semangati UKM untuk Ekplorasi Potensi Produk Daerah

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jatim Arumi Bachsin Emil Dardak (kanan)

SURABAYA (global-news.co.id) – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jatim, Arumi Bachsin Emil Dardak, menjadi juri dalam ajang Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Berprestasi 2022. Dirinya menjuri saat Tahap Presentasi dan Interview di Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur, Jl Raya Juanda Sidoarjo, Senin (4/7/2022).

Sebelum memulai penjurian, Arumi mengajak para peserta untuk tak letih-letihnya mengeksplorasi potensi daerah mereka melalui produk yang ditawarkan. Pasalnya, banyak produk kearifan lokal Jawa Timur yang berguna serta diperlukan untuk kehidupan sehari-hari, mulai dari sandang, pangan, hingga papan.

“Bermacam produk pangan dan kriya Indonesia merupakan kekayaan bangsa. Sebanyak 38 kabupaten/kota di Jatim punya banyak subbudaya atau subkultur yang berbeda-beda, ini menyangkut kehidupan kita sehari-hari. Karena itu, inilah dasar inspirasi terbentuknya sebuah kriya hingga bisa diangkat menjadi produk-produk UKM,” ungkap Arumi.

Istri Wagub Jatim itu menyatakan, produk-produk dari 10 UKM terpilih tersebut diangkat dari produk budaya kabupaten/kota yang ada di Jatim. Sehingga, tiap-tiap UMKM membawa kekhasan daerahnya masing-masing.

Ia pun memaparkan, sejak tahun 2015, kriya tercatat sebagai salah satu dari 3 subsektor penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) Ekonomi Kreatif (Ekraf) terbesar di Indonesia. Bahkan, kriya ini berkontribusi lebih dari 14% untuk Ekraf.

“Meski terdampak, pelaku Ekraf justru terus mengembangkan potensi dan kapasitasnya untuk berkreasi. Ini menjadi sepak terjang yang baik bagi perkembangan UKM kita,” katanya.

Sebagai informasi, 10 UKM yang terpilih menjadi 10 besar nominator dalam tahap presentasi dan interview lomba UKM Berprestasi 2022 tersebut adalah:

1. Superheru Snack Factory, makanan ringan pedas

2. CV Dona Doni, kriya anyaman rotan

3. PT Berkah Baitulloh Mandiri, minuman herbal dan rempah

4. Maharani Embroidery Handicraft, fesyen dan bordir homedecoration

5. Saeeku, makanan ringan olahan produk pertanian

6. Bangsawan Indonesia Tekstil, kain batik khas Gresik

7. Aira Food, makanan ringan berbahan dasar umbi

8. CV Adikarya, ecoprint

9. UD Rizki Agung, olahan cincau

10. Enjang Pelangi, kain batik khas Ngawi

Arumi memuji semua peserta yang berhasil lolos hingga tahap ini. Terlebih, karena beragam UKM itu mampu bertahan dan berinovasi di era pandemi Covid-19 yang nyaris melumpuhkan berbagai sektor 2 tahun belakangan.

Ia pun berharap agar UKM di Jatim terus mengeksplor potensi dan produk mereka, serta memberikan manfaat bagi sesama, Jatim, dan Indonesia.

“Rupanya kalau kepepet, pasti bisa selalu berpikir dan mengupayakan untuk menciptakan sesuatu. Kami bahagia jadi salah satu saksi dari prestasi UKM-UKM di Jatim ini. Selamat bisa sampai pada titik ini,” ujar Arumi. (jtm, ins)

baca juga :

Lagi Empat Pasien Covid-19 Dinyatakan Sembuh

gas

Liga 1: Kunci Sukses Persik, Matikan Pergerakan Hugo Gomes

Redaksi Global News

Alodokter-Perkedwi Berkolaborasi Dukung Pengembangan Pariwisata di Indonesia