Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Metro Raya Utama

Wawali Pastikan Layanan Pembayaran TOB di Suroboyo Bus Berjalan Lancar

Wawali Armuji saat mendatangi Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ), Kamis (2/6/2022).

SURABAYA (global-news.co.id) – Wakil Walikota Surabaya Armuji memastikan layanan pembayaran tap on bus (TOB) atau tapping kartu uang elektronik ke alat tap yang disediakan dalam transportasi massal Suroboyo Bus, berjalan lancar.

“Layanan ini diharapkan dapat meningkatkan kemudahan dan minat masyarakat Surabaya memanfaatkan alat transportasi perkotaan berbasis jalan, jadi nanti kalau ada kesulitan akan dibantu petugas yang ada di masing-masing bus,” kata Wakil Walikota (Wawali) Armuji saat mendatangi Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ), Kamis (2/6/2022).

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya sudah melakukan soft launching metode pembayaran baru Suroboyo Bus dengan menggunakan pembayaran TOB, Selasa (31/5). Dengan metode ini, para pengguna Suroboyo Bus cukup melakukan tapping kartu uang elektronik ke alat tap yang telah disediakan dalam bus.

Wawali Armuji pun menaiki Suroboyo Bus sambil mencoba menggunakan uang elektronik pakai TOB itu. Armuji mengatakan, metode ini merupakan metode tambahan dalam pembayaran bus, dimana sebelumnya juga menggunakan uang elektronik, yaitu pembayaran pakai QRIS.

Sedangkan untuk tarif Bus Suroboyo, Armuji menjelaskan, masih sama dengan sebelumnya, yaitu Rp5 ribu untuk warga umum dan Rp2.500 bagi pelajar maupun mahasiswa.

Selain itu, dia juga menjelaskan bahwa visi membangun transportasi umum yang modern, terjangkau dan efektif telah digaungkan sejak zaman Walikota Surabaya Bambang DH, dilanjutkan dengan Tri Rismaharini hingga penyempurnaan yang terus dilakukan oleh pemerintahan Eri Cahyadi saat ini.

“Beberapa masukan sedang kami lakukan kajian, seperti jam operasional agar mampu menampung segmen pekerja hingga titik halte yang representatif agar pengguna bisa nyaman,” katanya.

Dia juga menjelaskan, ada sekitar enam koridor yang dioperasikan dan yang paling banyak diminati oleh pengguna adalah koridor 1, yaitu Terminal Purabaya-Tanjung Perak via Jl Darmo.

“Secara berkala akan dilakukan evaluasi dan penyempurnaan, kami berupaya menghadirkan fasilitas transportasi massal yang mapan guna meningkatkan kenyamanan masyarakat menggunakan Suroboyo Bus,” kata Armuji. (pur)

baca juga :

Wagub Emil Dampingi Menparekraf Resmikan Kampung Animasi KEK Singhasari

Redaksi Global News

Jepang dan Arab Saudi Menang Tipis, Suriah Ditahan Tamunya UEA

Redaksi Global News

Liga 1: Almeida Targetkan RANS Curi Poin dari Persebaya