Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Seniman Ludruk Cak Sapari Dirawat di RSUD Soewandhie

Seniman anggota grup ludruk Kartolo CS, Cak Sapari, menjalani perawatan di RSUD dr. Mohamad Soewandhie di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, Minggu (19/6/2022).

SURABAYA (global-news.co.id) – Seniman anggota grup ludruk Kartolo CS, Cak Sapari, mendapat perawatan medis di RSUD dr Mohamad Soewandhie Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, setelah beberapa bulan terbaring sakit di rumahnya.

“Beliau dirawat di instalasi gawat darurat. Hingga saat ini, kami masih melakukan diagnostik dengan foto torak dan laboratorium,” kata Direktur Utama RSUD dr Mohamad Soewandhie Billly Daniel Messakh, Minggu (19/6/2022).

Ia mengatakan, Cak Sapari, yang mengeluh batuk dalam empat bulan terakhir, dalam kondisi stabil selama menjalani rawat inap di rumah sakit.

“Jika kondisi Cak Sapari semakin membaik, maka selanjutnya bisa menjalani rawat jalan,” ujar dia.

Billy menuturkan, petugas kesehatan menjemput Cak Sapari di rumahnya di Jl Simo Mulyo Baru, Kota Surabaya, dan membawanya ke rumah sakit menggunakan ambulans pada Sabtu (18/6).

Menurut dia, istri Cak Sapari sempat menolak suaminya dijemput ke rumah sakit karena kartu BPJS Kesehatan Cak Sapari sudah tidak aktif dan kartu tanda penduduknya hilang.

Namun, ia melanjutkan, hasil pengecekan data nomor induk kependudukan menunjukkan Cak Sapari masih tercatat sebagai peserta aktif Program Jaminan Kesehatan yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan.

Petugas kemudian menjelaskan mekanisme pelayanan kesehatan di Kota Surabaya kepada istri Cak Sapari dan akhirnya Cak Sapari setuju menjalani perawatan di rumah sakit.

Walikota Surabaya Eri Cahyadi sebelumnya memerintahkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Nanik Sukristina dan Direktur Utama RSUD dr. Mohamad Soewandhie memberikan pelayanan kesehatan maksimal kepada Cak Sapari, seniman ludruk kenamaan yang lahir pada 5 Juli 1948.

Dia mengatakan bahwa pemerintah kota akan memastikan Cak Sapari mendapat perawatan kesehatan sampai sembuh. (pur)

baca juga :

Perenang Putri Jatim Raih Emas Renang Perairan Terbuka 10 KM

Redaksi Global News

Haji 2022: Tinggal 10 Persen Jamaah Embarkasi Surabaya Akan Pulang

Redaksi Global News

Presiden Sapa Pengungsi di Posko BIN Gempa Cianjur

Redaksi Global News