Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Nasional Utama

PWI Jatim dan Otban Wilayah III Gelar Workshop Penerbangan Aman

Workshop Penerbangan Aman dan Selamat bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, Kamis (9/6/2022).

SURABAYA (global-news.co.id) – Sejalan situasi ekonomi yang mulai pulih serta semakin mudahnya melakukan perjalanan ke luar kota, membuat traffic pergerakan pesawat maupun penumpang udara berangsur membaik. Kantor Otoritas Bandara (Otban) Wilayah III yang mencakup wilayah Jatim, Jateng, DIJ dan Kalsel berinisiatif menggelar kegiatan Workshop Penerbangan Aman dan Selamat bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, Kamis (9/6/2022).

Kegiatan workshop dihadiri Kepala Otban wilayah III, Mauludin dan Lutfil Hakim selaku Ketua PWI Jawa Timur serta diikuti puluhan wartawan serta pengurus PWI Jatim.

Mauludin mengungkapkan, jumlah pesawat yang beroperasi memang belum seutuhnya pulih, termasuk di Bandara Juanda. Namun kondisi saat ini sudah makin membaik. “Bila sebelum pandemi jumlah pesawat beroperasi mencapai 600 pesawat, sekarang yang beroperasi sekitar 320 pesawat. Artinya, efek pandemi telah membuat banyak pesawat tidak beroperasi, namun saat ini angka atau traffic penumpang berangsur membaik,” ujar Mauludin.

Berkaca hal itu, menurut dia kesiapan pesawat kini tengah menjadi fokus utama. “Ya, setiap pesawat yang akan beroperasi kembali atau hidup kembali tidak mudah, butuh waktu, karena harus banyak yang dicek semua. Jadi tidak langsung, yang sempat berhenti kemudian langsung beroperasi kembali dan boleh terbang begitu saja. Tidak seperti itu, banyak tahapan yang juga harus disiapkan agar keselamatan penumpang bisa terpenuhi,” urainya.

Diuraikan, pihaknya mengoperasikan bengkel siaga pesawat dengan SOP yang ketat untuk melayani pesawat yang siap terbang lagi setelah sebelumnya berhenti beroperasi sementara.

Ketua PWI berharap workshop ini bisa menjadi jembatan antara para wartawan dan pihak Otban 3 Surabaya dalam memahami setiap peristiwa yang terjadi di bandara, khususnya yang ada di Jawa Timur..

Workshop ini, lanjut Lutfil, bagian dari upaya PWI meningkatkan kompetensi anggota terhadap persoalan dunia penerbangan sehingga bisa menjadi bekal dalam mengedukasi pembaca. “PWI membuka ruang diskusi kepada banyak pihak untuk melakukan sosialisasi sekaligus meningkatkan kompetensi bagi anggota,” kata Lutfil.

Dalam workshop yang dipandu Wachid Mukaidori selaku Wakil Ketua PWI Jatim ini menghadirkan enam pembicara dari pejabat Otban 3 yakni Kabag TU Dr Endang Puji Lestari SH MH yang memberi ulasan mengenai fungsi dan peran Otban 3.

Kemudian Edi Suroyo ST paparkan tentang laik udara, Irdian Ari Nurcahyo SH paparan tentang angkutan udara. Kemudian I wayan Nur Wiyana S.Sit memaparkan tentang bandar udara, Madya ST MM mengulas tentang navigasi penerbangan dan Nasir Kurniawan SE mengupas tentang keamanan penerbangan. (jnr, ins)

baca juga :

Jembatan Gantung Gladak Perak, Diperkirakan Rampung Sebelum Lebaran

Tiga Kades Bojonegoro Terjerat Kasus ADD

Redaksi Global News

Punggawa Kota Surabaya Mainkan Peran Wayang Sejarah Sumpah Merah Putih “Gayatri Rajapatni”

Redaksi Global News