Global-News.co.id
Nasional Utama

PPIH Embarkasi Surabaya, Berangkatkan JCH Gelombang Kedua

Jamaah calon haji gelombang kedua telah menggunakan kain ihram di Asrama Haji sebelum diberangkatkan ke Jeddah, Arab Saudi.

SURABAYA (global-news.co.id) – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya, mulai memberangkatkan Jamaah Calon Haji (JCH) gelombang kedua. Mereka diterbangkan dari Bandara Internasional Juanda Sidoarjo menuju Bandara King Abdul Aziz Jeddah, Minggu (19/6/2022) pukul 04.40 WIB.

JCH yang diberangkatkan pada gelombang kedua ini mulai Kloter 21 asal Kabupaten Sumenep dan Gresik. Sebagai Kloter perdana gelombang kedua  Embarkasi Surabaya terlihat sebagian besar memakai baju ihram ketika keluar dari kamar Asrama Haji untuk mengikuti proses pemberangkatan.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Jawa Timur, Husnul Maram selaku Ketua PPIH Embarkasi Surabaya menyebutkan himbauan dari Direktorat Jenderat Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag RI agar Jamaah Haji Gelombang Kedua  memakai baju ihram sejak dari Asrama Haji Embarkasi Surabaya.

“Kami menghimbau jamaah calon haji seluruhnya, sejak keluar kamar dari Asrama Haji Embarkasi Surabaya ini sudah memakai baju ihram, untuk niat ihramnya bisa di Yalamlam atau Bandara King Abdul Aziz Jeddah saat berada di bus,” kata Maram.

Ditambahkan, himbauan tersebut untuk memberikan kemudahan kepada JCH agar perjalanan menuju hotel pemondokan bisa berjalan lancar.

“Bila jamaah calon haji tidak memakai baju ihram dari embarkasi, maka harus berganti ihram di bandara, harus bongkar tas dan lain-lain yang membutuhkan waktu lama, yang akibatnya akan terjadi pertumpukan jamaah di Bandara Jeddah, dan juga berdampak pada keterlambatan pergerakan ke pemondokan,” sambungnya.

Husnul Maram berpesan kepada JCH untuk selalu mempersiapkan diri menjaga kesehatan mengingat cuaca di Arab Saudi berkisar pada suhu 42 derajat sampai 50 derajat.

“Maka untuk menjaga kekhusyu’an beribadah disarankan kepada jemaah haji agar sering minum air putih serta istirahat yang cukup,” ujarnya.

Sementara itu, secara terpisah Sekretaris PPIH Embarkasi Surabaya, Abdul Haris menjelaskan tentang perjalanan ibadah haji pada gelombang kedua yang dimulai dari penerbangan dari Bandara  Internasional Juanda Sidoarjo menuju Bandara King Abdul Aziz Jeddah.

“Jamaah lantas berada di Kota Mekkah selama 12 hari dan di Arafah 2 hari lanjut ke Muzdalifah dan terus ke Mina selama 4 hari dan kembali ke Mekkah selama 13 hari,” ujarnya.

Setelah 21 hari berada di Mekkah, lanjut Haris, Jamaah Haji Gelombang Kedua akan melanjutkan perjalanan ke Kota Madinah selama 9 hari lalu kembali lagi ke tanah air melalui Bandara Madinah.

Hingga hari ini, PPIH Embarkasi Surabaya telah memberangkatkan 9.406 JCH menuju Arab Saudi.

Untuk jadwal kedatangan di Asrama Haji, Minggu (19/6/2022) berturut – turut Kloter 22 asal Kabupaten Bangkalan dan Sidoarjo, serta Kloter 23 asal Kabupaten Pamekasan dan Sidoarjo memasuki Embarkasi Surabaya pada pukul 07.00 WIB dan 10.00 WIB. (jtm, kmf)

baca juga :

Juarai Proliga 2022, Debut LavAni Berbuah Yahud

Redaksi Global News

Pakde Karwo: Aman dan Damai Harga Mati di Jatim!

Redaksi Global News

Kemenag Jatim Usul Batas Akhir Pelunasan Biaya Haji Diperpanjang