Global-News.co.id
Metro Raya Pendidikan Utama

PPDB Surabaya, Ribuan Calon Siswa SMP Negeri Lakukan Validasi Data

Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMP negeri di kantor Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Selasa (31/5/2022)

SURABAYA (global-news.co.id) – Puluhan ribu calon peserta didik baru (CPDB) di Kota Surabaya, Jawa Timur, telah melakukan validasi data CPDB pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMP negeri.

“Jumlah CPDB yang sudah melakukan validasi dan berhasil mendapatkan PIN pendaftaran kemarin (Selasa, 31/5) sudah mencapai angka 30 ribuan,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya, Yusuf Masruh, Rabu (1/6/2022).

Meski demikian, kata dia, pihaknya tetap mengimbau para orangtua siswa untuk mengecek kembali validasi data CPDB sebelum PPDB jenjang SMP negeri di Kota Surabaya akan ditutup pada Kamis (2/6).

Yusuf menjelaskan, validasi data merupakan proses pencocokan data pribadi CPDB serta penitikan alamat rumah. Validasi data wajib dilakukan CPDB yang akan mendaftar jalur afirmasi kategori mitra warga, jalur perpindahan tugas orang tua, jalur prestasi, dan jalur zonasi.

“Validasi data wajib dilakukan CPDB atau siswa untuk mendapatkan PIN pendaftaran,” kata dia.

Bagi CPDB yang belum melakukan validasi, lanjut dia, pihaknya mengimbau agar segera melakukan validasi di laman ppdb.surabaya.go.id. sebelum validasi ditutup pada 2 Juni.

Yusuf mengemukakan, ada lima kategori validasi yang bisa dipilih oleh CPDB menyesuaikan kondisi masing-masing. Untuk lulusan SD/MI di Kota Surabaya tahun ini dengan kartu keluarga (KK) Surabaya, maka memilih validasi lulusan tahun 2022. Lulusan tahun sebelumnya dengan KK Kota Surabaya dengan maksimal usia 15 tahun per 1 Juli memilih validasi lulusan tahun sebelumnya.

Berikutnya ada validasi lulusan luar kota, di mana CPDB atau siswa ber-KK Kota Surabaya, namun lulusan dari sekolah di luar Surabaya. Validasi Paket A diperuntukkan bagi CPDB yang memiliki ijazah Paket dengan usia maksimal per 1 juli 15 tahun.

Terakhir adalah validasi perpindahan tugas bagi CPDB yang memiliki keterangan perpindahan tugas orangtua.

Yusuf mengatakan apabila ada orangtua yang merasa kesulitan, maka pihaknya menyarankan bisa berkoordinasi dengan pihak Dispendik Surabaya.

“Kami ingatkan kepada orangtua untuk mengecek validasi CPDB, jika belum validasi segera lakukan validasi untuk mendapatkan PIN pendaftaran di laman ppdb.surabaya.go.id,” ujar dia.

Selain itu, kata dia, masyarakat juga bisa mengakses informasi mengenai jadwal dan ketentuan PPDB jenjang SMP melalui laman ppdb.surabaya.go.id. Sedangkan untuk PPDB jenjang SD melalui laman ppdbsd.surabaya.go.id. (pur)

baca juga :

Pemkot Surabaya Siapkan Ruang Isolasi bagi ODP dan PDP Covid-19

Redaksi Global News

Realisasikan Program Bedah Rumah, PWI dan Baznas Serahkan Uang Tunai Ke Warga Penerima

gas

Wisata Belanja Malam, Pemkot Surabaya Siapkan Pasar Bong

Redaksi Global News