Global-News.co.id
Sport Utama

Piala Presiden 2022: Arema Kalahkan Persik melalui Penalti Menit Akhir

MALANG (global-news.co.id) – Arema FC mengikuti tren kemenangan berkat penalti menit-menit akhir saat mereka mengalahkan Persik Kediri 1-0 dalam lanjutan Grup D Piala Presiden 2022 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Rabu (15/6/2022).

Irsyad Maulana mengonversi tendangan penalti Arema pada menit pertama waktu tambahan setelah ia dilanggar di dalam kotak terlarang Persik.

Tren kemenangan penalti menit-menit akhir juga terjadi di pertandingan Grup D lainnya yang berlangsung Rabu sore di Kanjuruhan, ketika Persikabo 1973 menundukkan PSM Makassar 1-0.

Kemenangan Arema membuat keempat tim yang berada di Grup D kini semuanya mengumpulkan tiga poin dan sama-sama memiliki selisih gol yang impas.

Tampil di hadapan Aremania yang memadati tribun Kanjuruhan, Singo Edan mendapatkan tendangan bebas di dalam kotak penalti Persik saat pertandingan belum genap berusia satu menit akibat pemain lawan melakukan umpan back pass yang secara ceroboh ditangkap kiper Kartika Ajie.

Akan tetapi, peluang bagus itu sama sekali gagal dimanfaatkan oleh Arema dan pertandingan berlanjut dengan tensi yang relatif tinggi di mana sejumlah pelanggaran dari kedua tim kerap mewarnai permainan.

Arema, yang kalah 0-1 melawan PSM di laga pertama, bermain mati-matian karena pertandingan itu tak ubahnya menjadi penentuan nasib apakah mereka masih berpeluang lolos ke perempat final atau tidak.

Pada menit ke-17 Hanis Saghara melepaskan tembakan keras yang sayangnya masih melenceng jauh dari gawang Persik, sebaliknya pasukan Macan Putih mencoba mengancam lewat serangan-serangan balik yang dimotori M Ridwan.

Lima menit jelang turun minum Rizky Dwi Febrianto melepaskan eksekusi tendangan bebas dari luar kotak penalti yang masih mengarah tepat di pelukan Kartika, sedangkan peluang Persik lewat tandukan Ridwan melambung tipis di atas mistar gawang sehingga skor nirgol bertahan hingga babak pertama tuntas.

Eduardo Almeida berusaha mengubah permainan Arema di awal babak kedua dengan mengirim Agil Munawar menggantikan M. Rifaldi dan paruh kedua dibuka dengan tembakan jarak jauh Rizky Dwi yang masih tipis di sisi gawang.

Sejumlah pergantian pemain dilakukan kedua tim dalam upaya mengubah keadaan dan Arema lah yang mendapat peruntungan itu sebab Irsyad, yang baru masuk menggantikan Dendi Santoso pada menit ke-75, memenangkan tendangan penalti setelah dijatuhkan salah seorang pemain Persik di dalam kotak terlarang semenit jelang bubaran waktu normal.

Irsyad menghadapi sendiri bola di titik putih dan sukses melesakkannya ke dalam gawang untuk mengunci kemenangan Arema.

Pada pertandingan selanjutnya Arema akan berhadapan dengan Persikabo pada Minggu (19/6), sekira tiga jam setelah Persik meladeni PSM.

Susunan pemain:

Persik Kediri: Kartika Ajie, Arthur Felix, M Sabillah, Samsul Arifin, Faris Aditama, M Rifaldi, Renan da Silva, Rohit Chand, Taufiq, Joanderson dan M Ridwan.
Pelatih: Javier Roca

Arema FC: Teguh Amiruddin, Bagas Adi Nugroho, Alfarizi, Sergio Silva, Adam Alis, Dendi Santoso, Gian Zola, Jayus Hariono, Renshi Yamaguchi, Rizky Dwi dan Hanis Saghara.
Pelatih: Eduardo Almeida. (ntr, ins)

baca juga :

Gus Muhdlor – Subandi Sosialisasikan Program UHC, Warga Ber-KTP Sidoarjo Mendapat Jaminan Pelayanan Kesehatan Gratis

gas

Shell Cari Mitra Bangun SPBU di Jatim

gas

Diskusi Olahraga, Jawa Timur Menata Strategi Meraih Juara PON 2024

Redaksi Global News