Global-News.co.id
Sport Utama

Piala Asia 2023: Tuan Rumah Belum Ditentukan

Tuan rumah Piala Asia 2023 belum ditentukan seiring keputusan China menarik diri.

JAKARTA (global-news.co.id) –  Gelaran Piala Asia 2023 jadi salah satu turnamen yang dinanti seiring keberhasilan Timnas Indonesia lolos. Namun sejauh ini turnamen tersebut belum memiliki tuan rumah.

Awalnya, Piala Asia 2023 direncanakan digelar di China. Namun pada Mei lalu China memutuskan melepaskan status tuan rumah lantaran masih berkutat dengan penanganan pandemi Covid-19.

“AFC memahami kondisi luar biasa yang diakibatkan pandemi Covid-19 yang kemudian menyebabkan China memutuskan melepas kesempatan menjadi tuan rumah,” tulis AFC dalam pernyataan resminya.

Sebagai gambaran, pada tahun ini, China juga sudah diplot menjadi tuan rumah Asian Games 2022. Namun lantaran kondisi pandemi Covid-19 yang kembali meningkat, gelaran Asian Games lalu digeser ke 2023.

Sedangkan di awal tahun, China sempat menggelar Olimpiade Musim Dingin 2022. Dengan China menarik diri, Piala Asia 2023 belum memiliki tuan rumah sejauh ini. Namun Piala Asia sudah menyelesaikan babak kualifikasi dan telah terdapat 24 tim yang lolos.

Mengacu pada situasi sudah ada 24 tim yang siap berlaga di Piala Asia, kemungkinan besar tuan rumah baru Piala Asia tidak akan diambil di luar 24 negara yang lolos itu.

Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 setelah jadi salah satu runner up terbaik. Indonesia mengalahkan Kuwait 2-1, tumbang 0-1 di hadapan Yordania, dan menang telak 7-0 lawan Nepal di laga terakhir. (cnn, ins)

baca juga :

Siap-siap, Rekrutmen CPNS Dibuka Lagi 2021

Redaksi Global News

54 Karyawan Positif COVID-19, RRI Surabaya Lockdown

Redaksi Global News

Pemprov Jatim Apresiasi 1.000 Seniman dan 240 Juru Pelihara Cagar Budaya