Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Pererat Persaudaraan, Warga Bubuhan Banjar Gelar Halal Bihalal di Masjid Cheng Hoo

Ketua KBB Jatim menyerahkan cinderamata kepada asisten Pemprov Jatim, Benny Sampirwanto.

SURABAYA (global-news.co.id) –  Organisasi Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) menyelenggarakan halal bihalal yang berlangsung di halaman Masjid Cheng Hoo Surabaya, Minggu (12/6/2022). Acara ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi dan tali persaudaraan sesama warga Bubuhan Banjar yang tersebar di seluruh daerah Jatim.

“Halal bihalal ini untuk menjalankan salah satu tujuan kerukunan Bubuhan Banjar, yaitu mempererat tali persaudaraan warga yang tersebar di seluruh pelosok Jatim khususnya, dan masyarakat suku-suku lain yang ada di lingkungan tempat tinggal kami,” kata H. Noor Alamsyah, Ketua KBB Jatim.

Dia melanjutkan, di Jatim terdapat sekitar 12.405 jiwa warga Bubuhan Banjar. Belasan ribu warga tersebut dengan berbagai profesi, mulai pengusaha, aparatur sipil negara, dokter dan lain sebagainya. Dan juga sudah banyak yang melakukan asimilasi atau menikah dengan suku Jawa.

“Dan kami siap menjadi warga yang baik yang memiliki sifat-sifat toleransi. Namun demikian, kami tetap mohon pembinaan dan bimbingan walikota dan gubernur agar kami menjadi warga yang patuh pada pemimpin,” katanya.

Mewakili gubernur Jatim yang berhalangan hadir, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Prov Jatim, Benny Sampirwanto, menyampaikan sambutan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa.

“Ibu Gubernur menyampaikan bahwa masyarakat Kalimantan Selatan dan masyarakat Jatim memiliki hubungan yang sangat erat, dimana sejak dulu keeratan persaudaraan tersebut dibalut oleh bhinneka tunggal Ika,” katanya.


H Makmun Hasan (kiri) menyerahkan cendera mata kepada Ketua KBB Jatim H Noor Alamsyah.

Dilanjutkan Benny, hari ini kita memiliki tantangan yang cukup kompleks terkait intoleransi dan sejenisnya. Namun demikian, hal tersebut akan terkikis oleh kegiatan seperti halal bihalal.

“Halal bihalal menjadi inspirasi tentang penghargaan cinta tanah air dan kesetiakawanan sosial,” katanya.

Drs H Anang Halim Asnawi, Wakil Ketua KBB Jatim, mengatakan, acara halal bihalal tersebut dihadiri oleh sebanyak 900 warga Bubuhan Banjar.

“Datang dari berbagai kota, Ponorogo, Situbondo, Blitar, Madiun dan kota-kota lainnya di Jatim,’ katanya.

Dalam kesempatan tersebut, juga dilaksanakan pelantikan para pengurus KBB Jatim 2022-2027, oleh pengurus pusat KBB, Drs H. Ari Ahdiyani Yusuf. Serta pemberian cenderamata kepada sejumlah pihak, termasuk untuk pengurus Masjid Cheng Hoo Surabaya. (Tamam Malaka)

 

baca juga :

Kendarai Motor, Kapolresta Sidoarjo Patroli Malam Jelang Pilkades

Tertekan COVID-19, Kucuran Kredit di Jawa Timur Minus 1,81%

Redaksi Global News

Pendataan Kantor KB-PP, 5.694 Ibu Hamil di Kabupaten Pasuruan Akan Divaksin

Redaksi Global News