Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Jember Raya Utama

Penanganan PMK di Lumajang Libatkan BBVet Wates dan Disnak Jatim

Pengambilan sample pada beberapa hewan ternak sapi perah di Desa Kandang Tepus, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang

LUMAJANG (global-news.co.id) –
Petugas kembali lakukan pengambilan sample pada beberapa hewan ternak sapi perah yang berlokasi di Desa Kandang Tepus, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang.

Saat dimintai keterangan melalui pesan singkatnya, Jumat (3/6/2022), Kepala Bidang Peternakan, DKPP Kabupaten Lumajang, drh Rofi’ah, mengatakan, Kecamatan Senduro menjadi salah satu daerah di Kabupaten Lumajang dengan populasi sapi perah dan penghasil susu sapi terbesar.

Ia melanjutkan, untuk mengantisipasi mewabahnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada ternak sapi, petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lumajang, bersama Balai Besar Veteriner (BBVet) Wates dan Dinas Peternakan (Disnak) Provinsi Jawa Timur melakukan pengambilan sample.

“Pengambilan sampel di kandang yang dikunjungi Bupati kemarin dan kandang Pak Khosnan,” katanya.

Ia menambahkan, selain mengambil sampel hewan ternak sapi, pertugas juga mengambil sampel di kandang hewan ternak kambing. “Hari ini, kami ambil sampel dua kandang sapi perah, dan satu kandang kambing,” imbuhnya.

Pengambilan sampel juga disertai dengan kegiatan pengobatan terhadap ternak-ternak yang sakit. Hal itu sebagai upaya penyembuhan sebelum adanya vaksin PMK yang sampai saat ini masih akan diproduksi masal oleh Pusat Veteriner Farma (Pusvetma) Surabaya. (kmf, uja)

baca juga :

Naaah, Tuh Kan, Eropa Aja Berburu Batubara, Indonesia Harus Apa?

Di Kala Pandemi, Babinsa Tambak Pantau Ketahanan Pangan

Redaksi Global News

Walikota Eri Beri Pengarahan Khusus Lurah, Sekcam dan Camat Yang Baru Dilantik

Redaksi Global News