Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Mataraman Utama

Pemkot Madiun Jajaki Kerja Sama Komoditas Porang dengan Rumania

Walikota Madiun Maidi bersama Duta Besar Indonesia untuk Rumania dan Republik Moldova M. Amhar Azeth saat melakukan kunjungan kerja di Balai Kota Madiun, Minggu (5/6/2022)

MADIUN (global-news.co.id) – Pemerintah Kota Madiun, Jawa Timur, membuka peluang kerja sama komoditas porang dengan Rumania setelah Dubes Republik Indonesia untuk negara itu Irjen Pol (Purn) Muhammad Amhar Azeth melakukan kunjungan kerja ke daerahnya.

Walikota Madiun Maidi mengatakan Pemkot Madiun telah mempromosikan sajian pecel porang dalam kunjungan kerja Dubes Rumania Amhar Azeth yang datang dengan didampingi Konsul Kehormatan (Konhor) RI di Constanta Rumania Emil Sirbu dan keduanya terkesan dengan kuliner tersebut.

“Ketertarikan Konhor RI di Constanta Rumania akan komoditas porang ini memberikan harapan bagi petani porang, khususnya, di Madiun. Saat ini produksi porang melimpah, tapi yang menyerap kurang, sehingga harganya turun. Dengan penjajakan kerja sama ini, maka harapannya akan menolong kita,” ujarnya saat menerima kunjungan kerja Amhar dan Emil di Balai Kota Madiun, Minggu (5/6/2022).

Setelah menikmati sajian pecel porang di balai kota, Maidi mengajak para tamu kehormatan mengunjungi kebun porang percontohan di Taman Wisata dan Edukasi Ngrowo Bening.

Saat meninjau lahan percontohan porang di Kota Madiun itu, Emil menyatakan tertarik menjalin kerja sama lebih lanjut.

“Saya tunggu Pak Walikota Maidi membuat proposal. Nanti, bulan Agustus akhir atau paling lambat September akhir tim ahli kami akan datang,” tuturnya sebagaimana disampaikan penerjemah Martin Soeprijadi Diauw.

Menurut Emil, pihaknya tertarik menjajaki kerja sama porang dikarenakan visi Maidi terhadap produk komoditas itu cukup menjanjikan.

Karenanya, dia bersedia membiayai seluruh keperluan bisnis tersebut, baik di Indonesia maupun Rumania. Untuk itu, dia berharap Wali Kota Maidi segera membuat proposal dan melakukan presentasi di Rumania.

Amhar juga berharap Walikota bisa datang ke Rumania pada Juli nanti. “Biar cepat. Diharapkan Juli nanti bisa presentasi ke Rumania,” katanya.

Dalam kunjungan itu, Amhar juga didampingi Sekretaris Pertama KBRI Bucharest Vidya Pertiwi, Sekretaris Ketiga KBRI Bucharest Herwina Diah Fitriani, dan Ketua Gaperindo Jatim Arum Sabil.

Sebelumnya, pada Minggu, rombongan bertemu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Gresik. (ant, her)

baca juga :

Liga 1: Arema FC Optimistis Beri Perlawanan pada Persib

Jelang Akhir Satgas RAFICO 2020, Pertamina MOR V Catat Ada Perubahan Konsumsi BBM

Redaksi Global News

Tiga Menteri Luncurkan 3 Aplikasi Penanganan Stunting

Redaksi Global News