Global-News.co.id
Sport Utama

Kualifikasi Piala Asia 2023: Indonesia Kalah 0-1 dari Yordania

Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Yordania dengan skor 0-1

KUWAIT (global-news.co.id) – Timnas Indonesia kalah 0-1 dari Yordania pada laga Grup A kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Kuwait, Minggu (12/6/2022) dini hari WIB.

Satu-satunya gol yang tercipta pada pertandingan tersebut datang dari kaki penyerang Yordania Yazan Abdallah Al-Naimat. Kekalahan tersebut membuat skuad Garuda untuk sementara menempati posisi kedua klasemen Grup A dengan tiga poin dari dua pertandingan.

Yordania memuncaki klasemen dengan enam poin dari dua laga, sementara Kuwait bertengger pada peringkat ketiga karena kalah head to head dari Indonesia meski sama-sama mengumpulkan tiga poin dari dua laga. Adapun Nepal berada pada peringkat keempat atau juru kunci.

Walau kalah, Indonesia masih berpeluang lolos ke Piala Asia 2023 dengan syarat wajib menang atas Nepal pada pertandingan pamungkas mereka di Grup A dengan selisih gol lebih dari dua.

Laga melawan Nepal akan digelar Rabu pekan depan pukul 02.15 WIB di Stadion Internasional Jaber Al-Ahmad, Kuwait.

Pada pertandingan melawan Indonesia, Yordania tampil dominan sejak menit pertama dengan konsisten menekan lini pertahanan skuad Garuda.

Namun, pertahanan tim asuhan pelatih Shin Tae-yong yang dikawal tiga bek tengah Fachruddin Aryanto, Elkan Baggott dan Rizky Ridho tangguh dalam menghadang serangan lawan.

Performa apik kiper timnas Indonesia Nadeo Argawinata juga turut menjaga gawang Indonesia tak kebobolan dengan melakukan lima kali penyelamatan penting.

Skuad Garuda yang mengandalkan serangan balik menciptakan kesempatan mencetak gol pada menit ke-43, namun bola tendangan Saddil Ramdani dari luar kotak penalti ditepis penjaga gawang Yordania Yazed Abulaila.

Ketika paruh pertama laga nyaris berakhir, Indonesia hampir menciptakan skor saat lemparan ke dalam Pratama Arhan mengarah ke gawang dihalau pemain Yordania di garis gawang. Kedudukan imbang tanpa gol pun bertahan sampai turun minum.

Baru tiga menit babak kedua bergulir Yordania memecah kebuntuan lewat gol Yazan Al-Naimat yang memanfaatkan dengan baik umpan silang mendatar dari Mousa Suleiman di depan gawang Indonesia.

Skor 1-0 untuk keunggulan Yordania membuat permainan kedua tim semakin terbuka. Indonesia beberapa kali menciptakan peluang gol, termasuk dari lemparan ke dalam Pratama Arhan yang mengenai mistar gawang pada menit ke-50.

Pada menit ke-79, Yordania mendapatkan hadiah tendangan penalti lantaran bek Indonesia Asnawi Mangkualam dianggap melanggar Mousa Suleiman di kotak terlarang.

Mohammad Faisal maju sebagai eksekutor tetapi gagal melaksanakan tugasnya lantaran bola tendangannya bisa ditangkap dengan baik oleh Nadeo Argawinata.

Tidak ada gol lain tercipta setelah itu. Yordania pun memastikan kemenangan keduanya di Grup A setelah menaklukkan pula Nepal 2-0 dalam laga sebelumnya. (ntr, ins)

baca juga :

Pemkot Surabaya Fasilitasi Tes Swab Seluruh Petugas Pengawas TPS

Redaksi Global News

Plt Bupati Sidoarjo Anggarkan Rp 5 Miliar per Kecamatan

Redaksi Global News

Hadapi Borneo FC di Laga Perdana, Persebaya Tak Ciut Nyali Berpemain Lokal

Redaksi Global News