Global-News.co.id
Metro Raya Pendidikan Utama

Kolaborasi dengan Pemprov Jatim, Pemkot Surabaya Bantu Biaya Pendidikan Pelajar SLTA

Pemkot Surabaya berkolaborasi dengan  Pemprov Jawa Timur dalam upaya mencerdaskan pelajar

SURABAYA (global-news.co.id) – Pemerintah Kota Surabaya berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur dalam upaya mencerdaskan pelajar di Kota Pahlawan.

Bentuk kolaborasi itu diwujudkan dengan membantu biaya pendidikan pelajar SLTA atau SMA sederajat dari keluarga Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Walikota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, sebelumnya banyak di antara pelajar SMA sederajat yang menyampaikan ke Pemkot bahwa mereka tidak bisa mengambil ijazah asli. Namun sebenarnya, mereka sudah mendapatkan copi ijazah legalisir untuk dibuat pendaftaran kerja maupun kuliah.

“Di situlah saya menyampaikan ke Bu Gubernur apakah saya (Pemkot) bisa membantu memberikan beasiswa. Alhamdulillah, Bu Gubernur waktu itu mengatakan bisa, karena ini adalah kolaborasi yang sinergi antara Pemkot dan Pemprov untuk mencerdaskan kehidupan bangsa,” kata Walikota Eri Cahyadi, Minggu (26/6/2022).

Melalui kolaborasi tersebut, Walikota Eri menyatakan, Pemkot Surabaya dibantu oleh Pemprov Jatim mendapatkan data pelajar SMA sederajat dari keluarga MBR. Data tersebut digunakan Pemkot sebagai rujukan intervensi program beasiswa.

“Di situlah kami mendapatkan data, dibantu Kadispendik (Kepala Dinas Pendidikan) Provinsi dan Kadispendik Kota memberikan data dan kita memberikan beasiswa,” kata Cak Eri sapaan lekat Walikota Surabaya.

Sebab, menurut dia, ketika ada SMA/SMK sederajat ingin meningkatkan kualitas pendidikan, maka otomatis biaya SPP sekolah per-siswa akan bertambah. Tentu saja hal ini membuat besaran bantuan operasional sekolah (BOS) dan bantuan operasional pendidikan daerah (Bopda) yang dicover Pemprov tidak cukup memenuhi SPP mereka.

“Ketika ada peningkatan biaya SPP inilah, maka pemerintah kota hadir di sana. Dan itu sudah saya sampaikan ke Beliau (Gubernur Jatim) dan arahan beliau bisa kita (Pemkot) bantukan di sana,” katanya.

Sementara yang dilakukan Pemkot menebus ijazah 729 pelajar SMA/SMK sederajat beberapa waktu lalu, dikarenakan memang belum ada kolaborasi dengan Pemprov Jatim. Karena ijazah yang ditebus sebelumnya, merupakan pelajar lulusan tahun 2019 – 2021. “Insyaallah di tahun 2022 ini, tahun ajaran baru, maka kami (Pemkot Surabaya) bersinergi dengan provinsi,” kata dia.

Dengan sinergi inilah maka diyakininya tidak akan ada lagi pelajar SMA/SMK sederajat di Surabaya yang sampai mengalami kendala membayar SPP hingga tahunan. Sebab, Pemkot Surabaya akan hadir di sana untuk memenuhi kekurangan biaya SPP mereka tiap bulan melalui program beasiswa.

Di lain hal, Cak Eri kembali menegaskan, bahwa Surabaya adalah kota yang dibangun dengan gotong-royong. Bahkan menurutnya, gotong-royong ini sebelumnya pernah diajarkan oleh Presiden Pertama RI Soekarno, bagaimana yang kuat membantu yang lemah.

Untuk mendukung program itu, maka pada tahun 2022 Pemkot Surabaya berkolaborasi dengan Pemprov Jatim. Ini untuk memastikan berapa jumlah data pelajar SMA sederajat yang membutuhkan bantuan penambahan biaya SPP sekolah. Nantinya melalui program beasiswa itu, Pemkot akan mengcover kekurangan biaya SPP yang dibayarkan Bopda dan BOS Pemprov. (pur)

baca juga :

Ramadan hingga Lebaran 2022, KKP Jamin Stok Ikan Aman

Redaksi Global News

Lantik ASN, Walikota Eri Sebut Setiap Bulan Ada Mutasi Pejabat Pemkot

Rangkul Komunitas, Bosch Mudahkan Masyarakat Jangkau Inovasi Teknologi

Redaksi Global News