Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Kelurahan Sememi Surabaya Masuk Nominasi Lomba Evaluasi Perkembangan Kelurahan Berhasil

Ketua TP PKK Kota Surabaya menyambut kehadiran Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Dardak dan Tim Juri

SURABAYA (global-news.co.id) –
Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Surabaya menyambut kehadiran Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Dardak dan Tim Juri Lomba Evaluasi Perkembangan Kelurahan Berhasil dan Pelaksanaan Terbaik 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Jawa Timur di Lobi lantai 2 Balai Kota Surabaya, Rabu (8/6/2022). Setelah dari Balai Kota Surabaya, tim juri langsung menuju ke Kelurahan Sememi untuk melakukan kunjungan lapangan.

Perlombaan Kelurahan Berhasil serta Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK, adalah salah satu upaya mendorong usaha pembangunan masyarakat melalui penguatan kelembagaan, peningkatan kapasitas masyarakat, partisipasi masyarakat, penanggulangan kemiskinan, dan tingkat swadaya atau kegotong-royongan masyarakat kelurahan.

“Kegiatan perlombaan ini diselenggarakan untuk mengevaluasi dan menilai perkembangan penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan, serta kemasyarakatan, terhadap kelurahan dengan status berkembang dan cepat berkembang,” ujar Rini Indriyani, Ketua TP PKK Kota Surabaya.

Rini  juga mengungkapkan, Kelurahan Sememi Kecamatan Benowo, berhasil memasuki tahap Penilaian Lapangan Perlombaan Kelurahan Berhasil serta Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Jawa Timur.

“Hari ini saya sangat bangga, karena berkat kerja sama antara Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, TP PKK Kota Surabaya, para kader, dan seluruh elemen masyarakat, Kelurahan Sememi berhasil memasuki tahap penilaian lapangan,” kata dia.

Rini menerangkan, Kelurahan Sememi memiliki luas wilayah 418.964 Ha, dengan jumlah penduduk 38.654 jiwa dan memiliki beberapa inovasi unggulan, seperti Kampung Semanggi Suroboyo, Budidaya Tanaman Hidroponik, Sistem Pengolahan Air Limbah, Kerupuk Kipas (terbuat dari ikan mayong), Kampung Batik, Budidaya Maggot, Budidaya Anggrek, Budidaya Jamur, dan Bank Sampah.

“Kelurahan Sememi ini agak jauh dari pusat kota, tetapi mampu membuktikan bahwa kawasan tersebut tetap layak untuk meraih prestasi,” ujar dia.

Ia berharap, meskipun Kota Surabaya adalah kota metropolitan dengan jumlah penduduk mencapai 2,9 juta jiwa pada malam hari, dan mencapai 5,6 juta jiwa pada siang hari, dikarenakan banyaknya pendatang dari kota-kota tetangga seperti Gresik dan Sidoarjo, yang bekerja di Surabaya. Maka, masyarakat kelurahan ikut memegang peran penting dalam pengambilan keputusan untuk menentukan kebijakan pembangunan.

“Untuk itu saya berharap, keberhasilan Kelurahan Sememi dapat menjadi inspirasi bagi kelurahan lain untuk semakin inovatif dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat,” harap dia.

TP PKK Kota Surabaya menyerahkan cinderamata kepada Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Dardak

Di sisi lain, untuk merealisasikan 10 Program Pokok PKK, terdapat beberapa program unggulan PKK Kota Surabaya. Mulai dari 185 kelompok pos curhat, program PKDRT (Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga), dan Pola Asuh Anak, yang ada di seluruh Kota Surabaya, program Pembentukan UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga), Koperasi Surya Ibu Makarti, dan penurunan angka stunting melalui sosialisasi dan lomba cipta menu olahan ikan.

“Selanjutnya ada Budidamber (Budidaya Ikan dalam Ember), Jago Ceting (Jagongan Cegah Stunting), Cak Ning Minduk, bekerja sama dengan Dispendukcapil, dan Madagaskar (Masyarakat dan Keluarga Siaga Kebakaran),” kata dia.

Sementara itu, Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Dardak mengatakan, kegiatan ini telah diinisiasi sejak tahun 2019. Namun, karena adanya pandemi Covid-19, kegiatan terhenti sementara. Karena itu, terdapat proses panjang untuk menyatukan Lomba Desa/Kelurahan dan Lomba 10 Program Pokok PKK.

“Bagaimana indikator dari kedua lomba tersebut harus saling melengkapi. Alhamdulillah mulai hari ini sudah bisa dilakukan Penilaian Lapangan 10 Program Pokok PKK di Kota Surabaya dan Tim Penilai ini akan berkeliling terus,” kata dia.

Arumi juga menyampaikan ucapan selamat kepada Pemkot Surabaya dan Ketua TP PKK Kota Surabaya Rini Indriyani atas keberhasilan Kelurahan Sememi yang masuk nominasi tahap Penilaian Lapangan Perlombaan Kelurahan Berhasil serta Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Jawa Timur.

“Selamat dan apresiasi untuk PKK Kota Surabaya, atas keberhasilan Kelurahan Sememi masuk dalam nominasi. Sebab, ini adalah perjuangan yang luar biasa. Apalagi, letak kelurahan ini tidak berada di pusat kota, namun tetap membuktikan untuk layak berprestasi,” ungkap dia.

Ia menjelaskan, maksud kunjungan lapangan itu adalah untuk memberikan semangat kepada para pengurus dan kader TP PKK, sesuai dengan pengetahuan dan kompetensi, keterampilan, dan potensi daerah dalam 10 Program Pokok PKK di Kabupaten/Kota.

“Tujuannya untuk melaksanakan pembinaan dan hasil evaluasi dari hasil pembinaan 10 Program Pokok PKK secara berjenjang di tingkat kota, kecamatan, dan kelurahan, sampai tingkat dasawisma. Serta hasil sinergitas pembinaan dengan OPD, lembaga organisasi, dan dunia usaha,” ujar dia.

Ketua Tim Juri Lomba Evaluasi Pengembangan Kelurahan dan Pelaksana Terbaik 10 Program PKK Tingkat Provinsi Jawa timur, Mohamad Wahyudi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Jawa Timur menjelaskan, Kelurahan Sememi berhasil masuk nominasi hingga masuk dalam penilaian lapangan.

Usai penyambutan Balai Kota Surabaya, Rabu (8/6/2022), dilanjutkan tim juri menuju ke Kelurahan Sememi untuk melakukan kunjungan lapangan.

“Ini adalah pertama kali dilaksanakan bersama-sama Lomba Evaluasi Perkembangan Kelurahan, dirangkai kegiatannya berbarengan dengan kegiatan Pelaksanaan Terbaik 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Jawa Timur,” ungkap dia.

Ia menjelaskan, pada tahap awal ini terdapat 3 kategori, yakni kurang berkembang, berkembang, dan cepat berkembang. Salah satu syarat untuk bisa masuk mengikuti kegiatan ini adalah kategori cepat berkembang. (pur)

baca juga :

ICW Mendesak Presiden Jokowi Pecat Stafsus Andi Taufan

Redaksi Global News

Khofifah Anugerahkan Penghargaan Jer Basuki Mawa Beya dan Serahkan Satyalancana Karya Satya

Redaksi Global News

Tinjau Isoter di Surabaya Bersama Forkopimda, Gubernur Khofifah Pastikan Isoter Siap Layani Pasien Gejala Ringan dan Tidak Bergejala

Redaksi Global News