Global-News.co.id
Kesehatan Nasional Utama

Kasus Covid-19 Naik, IDI Minta Tes PCR Diberlakukan Lagi

PB IDI) meminta agar pemerintah kembali mewajibkan tes Covid-19 PCR sebagai persyaratan perjalanan

JAKARTA (global-news.co.id) – Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) meminta agar pemerintah kembali mewajibkan tes Covid-19 PCR sebagai persyaratan perjalanan seiring dengan kian meningkatnya kasus Covid-19.

“Aturan PCR negatif untuk pelaku perjalanan kembali diberlakukan, mengingat harga tes semakin murah,” kata Erlina Burhan selaku Satgas Waspada dan Siaga Covid-19 PB IDI di Jakarta, Selasa (21/6/2022).

Tak hanya itu, pihak IDI juga meminta agar Kementerian Kesehatan RI meninjau kembali aturan wajib mengenakan masker di luar ruangan. Dia pun mendorong pemerintah masif melakukan edukasi terkait pencegahan pandemi Covid-19.

“Kalau sebelumnya pemerintah memberikan pelonggaran untuk melepas masker seperti di ruangan terbuka, maka PB IDI sekarang menganjurkan itu diubah. Jadi kembali ajak masyarakat memakai masker karena kasus naik,” kata Erlina.

“Awal Februari (kasus harian Covid-19) kita sudah 200-an. Sekarang semakin tinggi bahkan di atas 1.000 perhari,” sambungnya.

IDI juga meminta pemerintah kembali mengaktifkan dan memperbanyak penelusuran kontak erat alias tracing. IDI pun mengimbau para pemangku kebijakan seperti kepala daerah untuk melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan cakupan booster.

“Kami PB IDI mengimbau pada pemangku kebijakan seperti kepala daerah untuk meningkatkan cakupan vaksinasi karena masih rendah 23 persen,” ujar Erlina.

Terakhir, dokter spesialis paru RSPI Sulianti Saroso mengingatkan kepada masyarakat untuk selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat karena hal ini bukan hanya penting untuk pencegahan Covid-19, tetapi juga penyakit menular lainnya.

“Perilaku hidup bersih dan sehat itu tidak hanya penting untuk mencegah Covid-19. Tetapi juga penyakit menular lainnya seperti tuberkulosis dan influenza,” ujarnya. (ara, jek)

baca juga :

Erupsi Semeru, Huntara Pramuka Diresmikan Gubernur Jatim

Redaksi Global News

Kenalkan RAISA pada Masyarakat Luas, ITS – RSUA – Kemenristek/BRIN Gelar Webinar

Redaksi Global News

Pemprov Jatim Gelontor Sembako untuk Dapur Umum di Malang Raya

Redaksi Global News