Global-News.co.id
Jember Raya Nasional Sosok Utama

Kado Istimewa Hari LH, Warga Lumajang Raih Kalpataru Tahun 2022

Daim sebagai Penerima Penghargaan Kalpataru Tahun 2022 kategori Perintis Lingkungan

LUMAJANG (global-news.co.id) – Daim, warga Dusun Berca, Desa Sumberpetung, Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang, berhasil memperoleh penghargaan Kalpataru Tahun 2022. Itu merupakan hasil kerja keras melakukan upaya pelestarian hutan di kaki Gunung Lemongan.

Sejak Tahun 1996 silam, Daim menanam pohon pinang untuk menghijaukan lereng Gunung Lemongan. Berawal dari keresahannya melihat kondisi hutan saat itu yang hanya ditumbuhi ilalang dan sering terjadi kebakaran saat musim kemarau, bahkan beberapa kali mengakibatkan longsor saat hujan lebat, menjadikan Daim prihatin dan mulai menanam beberapa benih tanaman di hutan.

Setelah berapa tahun berjalan, jerih payahnya itu membuahkan hasil. Selain berdampak baik bagi kelestarian lingkungan, juga menghasilkan dampak ekonomi yang bisa dinikmati oleh masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) turut mengapresiasi pengahargaan yang diperoleh Daim sebagai Penerima Penghargaan Kalpataru Tahun 2022 kategori Perintis Lingkungan.

“Saya ucapakan selamat dan sukses kepada warga terbaik Lumajang, yaitu Bapak Daim, yang ditetapkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK RI) sebagai penerima penghargaan Kalpataru Tahun 2022 kategori perintis lingkungan,” ungkapnya dalam Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Lumajang, Senin (6/5/2022).

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang, Hertutik, mengungkapkan, dirinya mengaku bersyukur atas prestasi yang ditorehkan. Menurutnya, hal itu kado istimewa yang diperoleh saat peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun 2022 ini.

“Alhamdulillah dengan perolehan prestasi kita di Hari Lingkungan Hidup, saya berharap mari kita bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan kita, ayo kita jaga lingkungan agar hidup lebih bermanfaat,” ujarnya. (lmj, uja)

baca juga :

Sebelum Ditangkap Imigrasi Ungkap Perjalanan Bandar Sabu Asal Iran

Redaksi Global News

Kasus Covid Tinggi, Pemerintah Akan Perpanjang PPKM Jawa-Bali

Redaksi Global News

Usaha Busana Tenun Endek Binaan BNI, Dikenakan Ibu Negara hingga Dunia