Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Gresik-Sidoarjo-Mojokerto Utama

Jelang Idul Adha, Kapolresta Sidoarjo Tinjau Kandang Sapi dan Antisipasi Penyebaran PMK

SIDOARJO (global-news.co.id) –
Keberadaan virus penyakit mulut dan kuku (PMK) menjelang Idul Adha membuat masyarakat khawatir. Pasalnya virus PMK tersebut menyerang hewan ternak berkuku belah yang dibutuhkan umat Muslim dalam Idul Adha seperti sapi dan kambing.

Untuk antisipasi penyebaran virus PMK tersebut, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Kusumo Wahyu Bintoro ditemani PJU Polresta Sidoarjo Kamis siang (16/6/2022) meninjau beberapa peternakan yang ada di Sidoarjo.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolresta Sidoarjo meninjau peternakan sapi milik Abdullah di Desa Tambak Sumur, Kec. Waru, Sidoarjo. Saat ditinjau, peternakan Abdullah memiliki 10 ekor sapi yang semuanya dalam kondisi sehat dan tidak ada yang terindikasi terjangkit wabah PMK.

Selama peninjauan, Akpol lulusan 98′ tersebut menghimbau kepada pemilik peternakan untuk senantiasa menjaga kebersihan kandang demi mengurangi risiko ternak terjangkit virus PMK.

Hal yang sama juga dilakukan Kapolresta Sidoarjo saat meninjau peternakan milikĀ  Cholik yang ada di Desa Geluran, Kec. Taman.

Tak lupa kepada setiap pemilik peternakan yang di kunjungi, Kapolresta Sidoarjo menghimbau agar para pemilik peternakan untuk tidak mengirim ternaknya keluar kota demi mencegah penyebaran virus PMK. “Penjualan sapi masih tetap diperbolehkan, tetapi ini hanya lingkup di Kabupaten Sidoarjo,” jelasnya.

Selain memberikan himbauan kepada peternak, Kapolresta Sidoarjo juga berkoordinasi dengan dokter hewan dari Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo agar hewan yang terjangkit PMK dapat segera ditangani.

Pendataan hewan yang akan divaksin juga dilakukan dengan fokus utama ternak betina yang sehat. “Terutama sapi betina yang usia produktif ini akan dilaksanakan vaksinasi,” ujarnya.

Para peternak diharapkan tidak perlu khawatir karena ternak yang terjangkit virus PMK dapat sembuh dengan perawatan yang intensif dan obat yang tepat. (win)

baca juga :

Gempa Turki: KBRI Ankara Sebut 500 WNI Tinggal di Lokasi

Redaksi Global News

Pemprov Jatim Siapkan Tambahan Fasilitas Kesehatan, Tenaga Medis hingga Kapasitas Laboratorium

Redaksi Global News

Mane Gabung Al Nassr, Ronaldo Dapat Tandem Mengerikan

Redaksi Global News