Global-News.co.id
Sport Utama

Gubernur Khofifah Usulkan Porprov Jatim Jadi Ajang Tahunan

Gubernur Jatim Khofifah saat pelantikan Pengprov Forki Jatim

SURABAYA (global-news.co.id) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengusulkan pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di wilayahnya menjadi ajang tahunan atau diselenggarakan setiap tahun, ketimbang saat ini berlangsung setiap dua tahun sekali.

“Membibit, mengukur dan memonitor prestasi dari masing-masing cabang olahraga akan lebih baik jika lebih sering dilakukan,” ujar Khofifah, Minggu (12/06/2022).

Harapannya, prestasi nasional maupun internasional bisa semakin banyak lahir dari Jawa Timur. Selain itu, menurut Khofifah, akan lebih baik jika bisa mengetahui potensi masing-masing atlet dan cabang olahraga, kemudian membimbing dan melatihnya lebih dini.

“Saya sedang berdiskusi dengan Ketua KONI Jatim. Dulu Porprov dilaksanakan setiap empat tahun, lalu saya minta dua tahun. Beberapa hari lalu saya bilang kalau memungkinkan tahunan ya tahunan,” ucapnya.

Orang nomor satu di Pemprov Jatim itu berharap pembibitan atlet juga didukung oleh tenaga pelatih atau atlet senior yang memang memiliki prestasi luar biasa.

Khofifah mencontohkan dari cabang olahraga karate misalnya, Jawa Timur punya nama karate-do legendaris Umar Syarif, yang pernah menyumbangkan 12 medali emas SEA Games untuk Indonesia dalam delapan edisi penampilan. “Nah, hal-hal seperti ini adalah kekuatan luar biasa, yang ternyata pernah dilahirkan dari Jatim,” kata Gubernur Khofifah.

Porprov Jatim 2022 akan dilaksanakan pada 25 Juni hingga 3 Juli mendatang di empat kabupaten, yaitu Jember, Lumajang, Bondowoso dan Situbondo. (ntr, ins)

baca juga :

Haji 2023: Cak Eri Titip Doa pada JCH untuk Keselamatan Surabaya

Lantik Pengurus PWI Situbondo, Ketua PWI Jatim Dorong Wartawan Daerah Ikut UKW

Kegiatan Pasar Modal Dibuka Mulai 26 Mei 2020