Global-News.co.id
Mancanegara Utama

Fakta Jenazah Eril Ditemukan di Bendungan Engehalde Swiss

Polisi perairan Bern mengungkapkan jenazah Eril ditemukan di dasar sungai di titik pintu air Engelhade. (Tangkapan Layar Instagram @ataliapr)

JAKARTA (global-news.co.id) – Dua pekan setelah kabar hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss, jenazah Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) akhirnya ditemukan pada Rabu (8/6).
Fokus pencarian Eril sempat dilakukan fokus di area Marzili hingga pintu air Engehalde. Selain itu patroli juga bekerja di area Schwellenmaetelli hingga Wohlensee.

Orangtua Eril, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, beserta anggota keluarga lainnya juga sempat memeriksa langsung ke berbagai titik potensial di sepanjang bantaran Sungai Aare.

Menurut pernyataan kepolisian Swiss, jenazah Eril dievakuasi di pintu air Engehalde di Bern. Setelah dilakukan identifikasi lantas penemuan ini diumumkan pada Kamis (9/6).

Lima fakta penemuan jenazah putra sulung Ridwan Kamil tersebut.

1. Lokasi Temuan Jenazah
Jenazah anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril), ditemukan di Bendungan Engehalde, sekitar 3,2 kilometer dari titik awal berenang yakni di Pintu Air Engehalde, Barengraben.

2. Ditemukan di Dasar Sungai
Dalam rilis di situs resmi itu, Kamis (9/6), pihak kepolisian Bern menyampaikan, petugas polisi menemukan jenazah Eril pada pukul 06.50 pagi waktu setempat.

“Pada Rabu (8/6) pagi, satu jenazah berhasil dievakuasi di pintu air Engehalde, di Bern,” demikian pernyataan kepolisian Swiss di situs resmi yang dikirimkan ke surel, sebagai jawaban atas pertanyaan CNNIndonesia.com terkait pencarian Eril.

“Penyelidikan forensik mengungkap bahwa jenazah itu merupakan warga Indonesia yang hilang di Sungai Aare, sejak Kamis, 26 Mei 2022. Pria 22 tahun itu berenang di sungai dan mengalami kondisi darurat. Akibatnya dia tenggelam,” lanjut pernyataan polisi.

Polisi perairan Bern mengungkapkan jenazah ditemukan di dasar sungai di titik pintu air Engelhade.

Penampakan pintu air Bendungan Engehalde, Swiss, lokasi jasad Eril ditemukan. (Foto: Sandstein via Wikimedia Commons (CC-BY-3.0)

3. Kondisi Jasad saat Ditemukan
Pada Rabu, 8 Juni 2022, sesaat sebelum pukul 06.50 waktu Swiss, polisi wilayah Bern melaporkan ada seorang pria tergeletak di air pada bendungan Engehalde. Spesialis polisi maritim dari kepolisian Cantonal Bern menemukan sesosok tubuh di cekungan wilayah sungai dan kemudian mengevakuasinya.

Tak lama, jasad itu dikonfirmasi merupakan jenazah Eril yang telah hilang usai tenggelam saat berenang di Sungai Aare.

4. Jasad Teridentifikasi usai Tes DNA
Kedutaan Besar RI di Swiss mengonfirmasi jenazah pria yang ditemukan di Pintu Air Engehalde, Bern, merupakan Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril, putra sulung Ridwan Kamil setelah melalui tes DNA.

“Tim forensik kepolisian melakukan identifikasi dan penelusuran DNA untuk memastikan jasad tersebut adalah ananda Eril,” kata Duta Besar RI untuk Swiss, Muliaman D Hadad, dalam konferensi pers, Kamis (9/6).

Hadad menambahkan, jenazah Eril ditemukan pada Rabu (8/6) sekitar pukul 11.50 waktu setempat. “Kamis 9 Juni siang waktu Swiss, kepolisian mengonfirmasi bahwa jasad yang ditemukan kemarin adalah ananda Eril,” katanya.

5. Jasad Ditangani secara Islam
Dubes RI untuk Swiss, Muliaman Hadad, memastikan jenazah anak sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril, yang ditemukan pada Rabu (8/6) akan diperlakukan sesuai syariat Islam.

“KBRI memastikan bahwa penghormatan kepada Eril terpenuhi dalam syariat Islam,” ujar Muliaman dalam konferensi pers virtual, Kamis (9/6).

Muliaman mengatakan, pihaknya juga akan terus mendampingi seluruh keluarga Ridwan Kamil selama berada di Swiss untuk mengurus pemulangan jenazah Eril.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut jenazah putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadzatau Eril akan tiba di Indonesia pada Minggu (12/6) dan akan dimakamkan keesokan harinya atau Senin.

“Jenazah Eril Insya Allah akan kembali ke tanah air di hari Minggu dan dimakamkan di Hari Senin,” ujarnya melalui akun instagram pribadinya, Kamis (9/6).

Ridwan Kamil dalam kesempatan itu juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pihak KBRI Swiss dan Kepolisian/Pemerintahan Kota Bern atas kerja kerasnya menemukan jasad sang anak. (cnn, ins, kbs)

baca juga :

New Man Terus Beraksi, Gunakan Bahasa Madura Keliling Pasar Tradisional Surabaya

Redaksi Global News

Buka Festival Dalang Muda 2019, Sekdaprov Heru Ingatkan Pentingnya Pemahaman Pakem Pewayangan

Redaksi Global News

Tak Pakai Masker di Surabaya, Disanksi Sita KTP, Push Up hingga Joget

Redaksi Global News