Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Mataraman Utama

Bupati Magetan Ajak Kades Belanja Produk Lokal demi Gerakkan Ekonomi Desa

Bupati Suprawoto saat menggelar Rapat Koordinasi Pemerintah Kabupaten Magetan dengan desa di Pendopo Surya Graha Magetan, Selasa (21/6/2022)

MAGETAN (global-news.co.id) – Bupati Magetan Suprawoto mengajak jajarannya para kepala desa (Kades) untuk belanja produk lokal dalam memenuhi kebutuhan barang dan jasa di desa masing-masing. Ini sebagai salah satu upaya menggerakkan perekonomian daerah, utamanya di desa.

“Jadi nanti kalau dana desa cair, saat proses pembangunan infrastruktur, untuk materialnya bisa membeli di toko bangunan desa setempat di Magetan. Itu salah satu langkah kecil realisasi,” ujar Bupati Suprawoto saat menggelar Rapat Koordinasi Pemerintah Kabupaten Magetan dengan desa di Pendopo Surya Graha Magetan, Selasa.

Pihaknya mengingatkan para kepala desa bahwa imbauan belanja produk lokal tersebut bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat Magetan sendiri, terutama yang ada di desa.

Hal itu sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo yang l menginstruksikan untuk melakukan percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri, UMKM, dan koperasi sebagai upaya untuk pemulihan dan menggerakkan perekonomian daerah sebagai imbas dari pandemi Covid-19.

Dengan penggunaan produk dalam negeri, artinya dalam pemenuhan barang tidak perlu membeli barang dari luar negeri. Bahkan, kalau bisa semuanya dipenuhi dengan memberdayakan barang lokal di daerah masing-masing.

Pemberdayaan produk lokal itu, lanjut Suprawoto, memiliki beragam manfaat. Selain pemulihan ekonomi, juga penyerapan tenaga kerja. Sebab, dengan kebutuhan produk yang besar tentu membutuhkan tenaga kerja yang besar juga. Pemenuhannya itu tentu juga akan menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar.

Karena itu, pihaknya terus mendorong jajarannya serta masyarakat Magetan untuk menggunakan produk dalam negeri sebagai salah satu strategi konkret pemulihan ekonomi Indonesia akibat wabah Covid-19. (ntr, her)

baca juga :

BKKBN Jatim Optimalkan Sinergitas untuk Capai Target Stunting 14%

Redaksi Global News

Hindari Intervensi, Forkopimda Lakukan Pemantauan di Luar Arena TPS

gas

PKS Jatim Gelar Apel Siaga Tanggap Bencana, Siap Terjunkan Relawan ke Daerah

Redaksi Global News