Global-News.co.id
Sport Utama

Turnamen Pramusim, Persebaya Segrup dengan Persib, Bali United dan Bhayangkara FC

Persebaya Surabaya berada satu grup dengan Persib, Bali United, dan Bhayangkara FC pada turnamen pra-musim

BANDUNG (global-news.co.id) – Operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) menuntaskan pengundian grup turnamen pramusim 2022 di Bandung, Minggu (28/5/2022), dengan 18 klub peserta dari Liga 1 Indonesia 2022/2023 dibagi dalam empat grup.

Disimak dari kanal Youtube LIB di Bandung, Minggu, Grup C menjadi grup yang paling menarik lantaran diisi tim yang menduduki peringkat lima besar Liga 1 musim 2021-2022, yaitu Bali United, Persib, Bhayangkara FC, dan Persebaya.

Pertandingan Grup C itu akan berlangsung di Bandung, Jawa Barat, dengan Persib ditunjuk sebagai tuan rumah. Penunjukan tuan rumah itu dilakukan oleh PSSI dan LIB, termasuk untuk tiga grup lain.

Sementara juara bertahan turnamen pramusim, Persija Jakarta, berada di Grup B bersama Barito Putera, RANS Cilegon FC, Madura United, dan tuan rumah Borneo FC. Semua pertandingan grup ini akan berlangsung di Samarinda, Kalimantan Timur.

PSSI-LIB sepakat menggunakan momentum pelaksanaan laga sepakbola pramusim di Samarinda, Kalimantan Timur, untuk mengampanyekan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Lalu Grup A, yang pertandingannya akan berlangsung di Solo, Jawa Tengah, dihuni oleh Persis sebagai tuan rumah, PSIS, Martapura Dewa United, Persita, dan PSS.

Kemudian, terakhir ada empat tim yang bersaing dalam Grup D, yakni Arema FC, Tira Persikabo, PSM, dan Persik. Di grup ini, Arema FC berstatus sebagai tuan rumah sehingga laga-laga dimainkan di Malang.

Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, mengatakan, terdapat beberapa pembatasan yang dilakukan dalam pengundian turnamen pramusim 2022 itu.

Salah satunya adalah Bali United dan PSM hanya bisa menghuni grup yang beranggotakan empat tim karena mereka harus berlaga pada Piala AFC 2022.

Selain itu, Persija dan Persebaya tidak boleh berada dalam satu grup penyisihan dengan pertimbangan tertentu.

Tidak lupa, Sudjarno memastikan pula, turnamen pramusim 2022, yang belum memiliki nama kejuaraan resmi, terbuka untuk dihadiri penonton langsung di stadion.

“Turnamen pramusim ini akan menjadi contoh sepakbola dengan penonton di stadion (pada masa pandemi Covid-19, red). Namun, jumlah penonton di stadion akan bergantung situasi PPKM di daerah setempat,” ujar Sudjarno.

PSSI dan LIB belum memastikan jadwal rinci turnamen pramusim 2022. Akan tetapi, kompetisi itu rencananya digulirkan pada pertengahan Juni hingga Juli 2022. (ntr, lib)

baca juga :

Gerindra Siapkan Cagub Kuat Hadapi Gus Ipul

nasir nasir

Indonesia Diklaim Mampu Produksi 17 Juta APD Berstandar Dunia per Bulan

Majelis Taklim Wisper Santuni Yatim hingga Janda

gas