Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Sistem LPSE Milik Pemkot Surabaya Kerap Sulit Diakses, Rekanan Mengeluh

SURABAYA (global-news.co.id) – Rekanan mengeluhkan sistem Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) milik Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur, melalui laman lpse.surabaya.go.id seringkali error atau susah diakses menjelang pelaksanaan lelang.

Salah satu rekanan Yanto Tohir, Rabu (11/5), mengaku sempat resah dengan susahnya saat mengakses LPSE saat hendak memasukkan penawaran atas projek-projek yang ada di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

“Akhir-akhir ini server LPSE sering bermasalah, apalagi jika ada paket pekerjaan bernilai besar,” kata Yanto Tohir yang juga direktur CV Sarijaya Sakti ini.

Menurut dia, paling tidak ada pemberitahuan jika LPSE sedang ada masalah sehingga tidak menyulitkan para rekanan yang sudah mempersiapkan berkas kelengkapan lelang.

Untuk itu, Yanto bersama rekanan lainnya berharap server LPSE tidak lagi error, terutama pada waktu-waktu krusial seperti pelaksanaan lelang.

Mendapati hal itu, Kepala Bagian Pengadaan Barang/Jasa dan Administrasi Pembangunan Kota Surabaya, Syamsul Hariadi, memastikan, laman LPSE saat ini berjalan normal, meski sebulan yang lalu, tepatnya 11-12 April 2022, secara teknis terdapat kendala pada salah satu paket lelang.

“Beberapa waktu yang lalu memang pernah ada trouble (bermasalah) di LPSE untuk akses pada salah satu paket lelang. Namun setelah itu sampai sekarang sudah tidak ada kendala,” ujar Syamsul.

Syamsul menjelaskan, saat laman mengalami trouble, pihaknya langsung berkoordinasi dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) RI. Kendala itu diketahui karena adanya dokumen pemilihan yang tidak terbaca oleh sistem.

Untuk itu, lanjut dia, semua penyedia saat itu tidak bisa melakukan penawaran ke dalam sistem. “Akhirnya waktu itu paketnya dinyatakan gagal lelang. Jadi tidak ada pemenang dan ditender ulang. Nah, setelah itu tidak ada kendala sampai sekarang,” kata Syamsul.

Namun demikian, apabila pihak penyedia masih mengalami kendala atau kesulitan mengakses laman LPSE, Syamsul mengimbau agar bisa langsung datang ke Kantor Bagian Pengadaan Barang/Jasa dan Administrasi Pembangunan Gedung Pemkot Surabaya Lantai IV, Jalan Jimerto 25-27 Surabaya.

“Kalau masih belum sukses juga bisa langsung datang ke lantai 4 Gedung Pemkot Surabaya. Akan kita bantu sepenuhnya,” ujar dia. (pur)

baca juga :

Lindas Tsuneyama, Jojo Bertemu Momota di Perempat Final Denmark Open

Redaksi Global News

Kapolrestabes Surabaya Resmi Jabat Karopenmas Polri

Redaksi Global News

Tiga Tersangka OTT Pejabat Jatim Segera Disidang

nasir nasir