Global-News.co.id
Sport Utama

SEA Games 2021: Timnas Indonesia Libas Timor Leste 4-1

Timnas Indonesia sukses membungkam Timor Leste 4-1

JAKARTA (global-news.co.id) – Dua gol pemain sayap Witan Sulaeman mengantarkan tim nasional U-23 Indonesia menundukkan Timor Leste dengan skor 4-1 pada laga lanjutan Grup A sepakbola putra SEA Games 2021, Selasa (10/5).

Sedangkan dua gol Indonesia lainnya dalam pertandingan di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, itu dilesakkan oleh Egy Maulana dan Fachruddin Aryanto. Sementara gol Timor Leste dibuat Mouzinho de Lima.

Pada laga tersebut, pelatih timnas U-23 Indonesia Shin Tae-yong menerapkan formasi 4-2-3-1 dengan trio Egy Maulana, Irfan Jauhari dan Witan Sulaeman sejak awal laga.

Gelandang Syahrian Abimanyu pun tampil bersama Marc Klok dan Ricky Kambuaya, begitu pula kwartet bek Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho Ramdhani, Fachruddin Aryanto dan Ilham Rio Fahmi.

Timor Leste mengambil inisiatif serangan dan mengurung Indonesia dalam 10 menit awal, bahkan memperoleh hadiah tendangan penalti karena pelanggaran Marc Klok tiga menit setelah sepak mula, tapi sayang eksekusi Mouzinho de Lima mampu ditepis kiper Ernando Ari.

Setelah keluar dari tekanan, Indonesia sukses membuka keunggulan pada menit ke-16 melalui sepakan Egy Maulana yang berdiri bebas di muka gawang memanfaatkan umpan sundulan Rizky Ridho.

Setelah itu, Egy, Irfan Jauhari dan Ricky Kambuaya meraih kesempatan menambah keunggulan, tetapi percobaan-percobaan mereka dikandaskan penjaga gawang lawan, Junildo Pereira, sehingga sekor 1-0 tak berubah hingga turun minum.

Awal babak kedua, Shin Tae-yong memasukkan Saddil Ramdani dan Asnawi Mangkualam untuk menambah daya gedor timnya.

Strategi tersebut berbuah positif. Enam menit setelah dua nama tersebut memasuki lapangan, Indonesia menggandakan skor lewat kepala Witan Sulaeman. Witan mengonversi operan lemparan ke dalam Alfeandra Dewangga.

Pada menit ke-58, giliran kapten Fachruddin Aryanto yang menciptakan gol setelah terjadi kemelut di pertahanan Timor Leste.

Timor Leste memperkecil kedudukan pada menit ke-69 via Mouzinho. Namun, Indonesia berhasil membobol gawang Timor Leste untuk keempat kalinya pada menit ke-77 hasil sepakan Witan. Gol itu berasal dari assist Saddil Ramdani.

Indonesia menutup pertandingan itu dengan kemenangan 4-1. Hasil tersebut belum mengubah posisi Indonesia di peringkat keempat Grup A, lantaran baru mendapatkan tiga poin dari dua laga. Akan tetapi, Garuda Muda masih berpeluang untuk lolos ke semifinal.

Sementara Timor Leste berada tepat di bawah Indonesia atau juru kunci dengan koleksi nol poin dari tiga pertandingan. Itu membuat mereka dipastikan tak lolos ke fase berikutnya.

Berikutnya di Grup A, Jumat (13/5), Indonesia akan melawan Filipina. Adapun Timor Leste baru akan menjalani laga terakhirnya di SEA Games 2021 pada Minggu (15/5) menghadapi Vietnam. (ntr, ins)

baca juga :

Zelensky Tak Lagi Ngotot Masuk NATO: Mereka Takut Rusia!

552 Pekerja Migran Ilegal  Dipulangkan dari Malaysia

gas

Humas Jatim Raih Dua Penghargaan di Ajang PRIA Awards 2020

Redaksi Global News