Global-News.co.id
Sport Utama

SEA Games 2021: Thailand Gagalkan Ambisi Indonesia Raih Emas Sepakbola

Thailand kembali gagalkan ambisi Indonesia raih emas di cabor sepakbola SEA Games

JAKARTA (global-news.co.id) – Tim nasional Indonesia gagal melangkah ke final cabang olahraga sepakbola putra SEA Games 2021. Hal itu setelah dikalahkan musuh bebuyutannya Thailand dengan skor 0-1 pada laga semifinal di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Vietnam, Kamis (19/5).

Satu-satunya gol yang membuyarkan ambisi Indonesia merebut medali emas sepakbola SEA Games 2021 dilesakkan oleh pemain senior (berusia di atas 23 tahun) Thailand, Weerathep Pomphan, pada babak pertama tambahan waktu.

Dengan demikian, Indonesia mengulang pencapaian SEA Games 2015 dan 2017 yang juga gagal menembus babak final. Skuad asuhan pelatih Shin Tae-yong juga tak bisa memenuhi target PSSI untuk merebut medali emas SEA Games 2021.

Namun, harapan untuk mendapatkan medali dari sepakbola putra masih ada dengan memperebutkan medali perunggu. Pada Minggu (22/5), Indonesia akan melawan tim yang kalah dari partai semifinal lain yaitu Vietnam kontra Malaysia. Dalam hal ini akan lawan Malaysia.

Pada laga menghadapi Thailand, Indonesia sempat tampil menggigit pada babak pertama, tetapi percobaan demi percobaan gagal menghasilkan skor. Thailand pun bernasib sama yang membuat pertandingan imbang skor 0-0 hingga memasuki jeda.

Usai turun minum, Thailand mengambil alih kendali dan mengurung Indonesia. Skuad Garuda Muda baru bisa benar-benar keluar dari tekanan mulai menit ke-70.

Bola sundulan Marc Klok, tendangan Syahrian Abimanyu dan sepakan Egy Maulana Vikri dapat diantisipasi oleh kiper Thailand, Kawin Thamsatchanan. Babak kedua tuntas masih dengan kedudukan seri tanpa gol dan laga mesti dilanjutkan ke babak tambahan 2×15 menit.

Pada babak tambahan pertama, Thailand mampu mencuri gol melalui satu kesempatan emas di kotak penalti Indonesia. Sambil berbalik badan, pada menit ke-94, Weerathep Pomphan melesakkan bola ke dalam gawang Indonesia yang dikawal Ernando Ari.

Gol itu membuat Indonesia meningkatkan intensitas serangan, tetapi gol yang dinanti tak hadir jua.

Pada akhir pertandingan, Indonesia justru kehilangan tiga pemain sekaligus yaitu Firza Andika, Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya lantaran mendapatkan kartu merah setelah terlibat keributan dengan pemain Thailand.

Beberapa detik sebelum itu, pemain Thailand William Weidersjoe juga diusir wasit karena melontarkan protes berlebihan. Pertandingan tersebut berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan Thailand. (ntr, ins)

baca juga :

Banjir Lagi, Ratusan Rumah Warga di Kota Pamekasan Kembali Tergenang

gas

WHO Sebut Covid-19 Tidak Akan Menjadi Pandemi Terakhir

Redaksi Global News

Perbanyak Guru Besar, ITS Kembali Kukuhkan Dua Profesor

Redaksi Global News