Global-News.co.id
Sport Utama

SEA Games 2021: Indonesia Jaga Asa ke Semifinal Setelah Libas Filipina 4-0

Selebrasi Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan saat melibas Filipina 4-0

JAKARTA (global-news.co.id) – Tim nasional Indonesia menjaga peluang menembus babak semifinal cabang sepakbola SEA Games 2021. Hal itu setelah Indonesia melibas Filipina dengan skor 4-0 pada laga penyisihan lanjutan Grup A di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Jumat (13/5).

Empat gol kemenangan Indonesia atas Filipina dicetak Muhammad Ridwan, Rizky Ridho Ramadhani, Egy Maulana Vikri, dan eksekusi penalti Marselino Ferdinan.

Hasil itu membuat Indonesia memimpin klasemen sementara Grup A dengan enam poin dari tiga laga. Poin tersebut sama dengan Myanmar, tetapi Indonesia unggul selisih gol.

Namun, peringkat Indonesia bisa berubah lantaran Myanmar akan bertanding menghadapi Vietnam pada Jumat malam pukul 19.00 WIB.

Pada laga menghadapi Filipina, Indonesia yang bermain dengan formasi 4-2-1-3, dengan trio Egy Maulana, Muhammad Ridwan dan Witan Sulaeman di lini depan menguasai laga sejak awal.

Ditopang gelandang Syahrian Abimanyu, Marc Klok dan Ricky Kambuaya, skuad “Garuda Muda” mampu mengendalikan permainan dan menghadirkan peluang-peluang.

Pada menit ke-18, penyerang yang mencatatkan debutnya di SEA Games Muhammad Ridwan berhasil menorehkan gol setelah memanfaatkan umpan Egy Maulana.

Unggul 1-0, Indonesia terus meningkatkan intensitas serangan. Witan lagi-lagi meraih peluang, kali ini menit ke-32, tetapi bola tendangannya ke gawang yang sudah ditinggalkan kiper dapat dihalau bek lawan.

Berkali-kali mencoba, Indonesia akhirnya mampu mendapatkan gol kedua pada menit ke-44 lewat bek Rizky Ridho Ramadhani yang menyundul masuk bola tendangan bebas Syahrian Abimanyu.

Skor 2-0 pun bertahan sampai pertandingan memasuki masa jeda. Usai jeda, pelatih Indonesia Shin Tae-yong memasukkan beberapa pemain baru seperti Ilham Rio Fahmi, Marselino Ferdinan, Irfan Jauhari dan Ronaldo Kwateh.

Indonesia memang sempat tersudut pada awal babak kedua, tetapi strategi pergantian pemain oleh Shin pelan-pelan membuahkan hasil.

Pada menit ke-74, Egy sukses menjauhkan jarak Indonesia dengan Filipina dengan golnya. Menerima umpan Irfan Jauhari, Egy dengan tenang menorehkan gol yang menjadi gol keduanya di SEA Games 2021.

Sebuah akselerasi dari Ronaldo Kwateh harus dihentikan dengan pelanggaran oleh bek Filipina Enrique Linares. Wasit pun memberikan tendangan penalti untuk Indonesia yang dieksekusi sempurna oleh gelandang berusia 17 tahun, Marselino Ferdinan pada menit ke-85.

Indonesia pun menutup pertandingan itu dengan skor 4-0. Bagi Filipina, kekalahan dari Indonesia membuat mereka tersingkir dari SEA Games 2021. (ntr, ins)

baca juga :

Ramadan Berbagi, SIG Salurkan 33.000 Paket Sembako Senilai Rp 1,9 Miliar

Redaksi Global News

Khofifah Minta KADIN Jatim Perkuat Transformasi Digital dan Profesionalisme SDM Pelaku UMKM

Redaksi Global News

Kisah Anak Petani Cianjur Jadi Diplomat di Rusia: Mengubur Cinta di Danau Cirata, Menggapai Cita di Negeri Beruang Merah

gas