Global-News.co.id
Madura Utama

Prof Didik Rachbini Beri Beasiswa S2-S3 Bagi Mahasiswa dan Dosen Unira

PAMEKASAN (global-news.co.id) – Untuk memperbaiki perekonomian dan pendidikan Indonesia ke depan, sehingga memiliki daya saing yang kuat, peran perguruan tinggi sangat menentukan. Karena  perguruan tinggi hadir dengan tujuan menjadikan manusia berkualitas yang akan berada di garda depan dalam perbaikan peradaban Indonesia.
Hal itu dikemukakan ekonom senior dan guru besar ekonomi pembangunan Prof Dr Didik Junaidi Rachbini, saat memberikan kuliah tamu di Universitas Madura Pamekasan, Sabtu (28/5/2022). Guru besar yang saat ini menjabat sebagai Rektor Universitas Paramadina Mulya itu memberi kuliah dengan tema Masa Depan Ekonomi dan Pendidikan Nasional.
Dalam kuliah tamu ini selain dihadiri oleh para mahasiswa  dari Fakultas Ekonomi Unira, juga diikuti oleh Rekor Unira, pembantu rector, para dekan dilingkungan Unira dan para mahasiswa dari Fakultas Ekonomi Unira. Juga ikut hadir Ketua Yayasan Unira Drs Amiril MSi dan Ketua Pembina Yayasan Unira Dr Kadarisman Sastrodiwirjo.
Perguruan tinggi, kata Didik, harus berupaya untuk bangkit meningkatkan kiprahnya dengan memperbaiki seluruh aspek  manajerialnya, baik dari pola rekrutmen mahasiswa, tenaga pengajar yang handal, riset yang maju dan system manajerial kelembagaan secara umum. Karena itu perguruan tinggi harus memiliki SDM handal berkualitas dengan pendidikan tuntas.
Sebagai putra kelahiran Pamekasan dia berjanji, baik secara pribadi maupun kelembagaan untuk memberikan beasiswa bagi mahasiswa lulusan Unira Pamekasan yang ingin melanjutkan pendidikan S2  di Jakarta, maupun pendidikan jenjang S3 bagi para dosen Unira Pamekasan yang ingin mengembangkan kapasitas pendidikannya.
“Yang pribadi dulu kita punya program beasiswa untuk kuliah di Jakarta misalnya di Mercubuana, Paramadina dan lainnya,  bahkan dari Madura sudah ada yang selesai pendidikan doctor, sekarang ngajar di UTM, ada juga yang jadi dekan di Unira ini. Kedepan harus diteruskan untuk memberikan jalan bagi anak anak yang ingin lanjutkan studinya,” katanya.
Selain beasiswa dari pribadi darinya Didik Rachbini juga menjanjikan akan membantu bagi para dosen di Fakultas Ekonomi Unira untuk mendapatkan beasiswa pendidikan doctor, juga bisa jadi kerja sebagai peneliti di INDEP, lembaga penelitian bidang ekonomi pembangunan yang dipimpinnya.
“Kemudian kerjasama pelatihan metode riset dan lainnya. Banyak program yang bisa dikerjasamakan nanti yang itu secara kelembagaan. Kalau secara pribadi saya tidak begitu  banyak. Yang banyak dari kelembagaan, seperti bidik misi. Jadi yang dari pribadi saya itu sebagai penyemangat saja agar dosen disini semakin baik,” ujarnya.
Rektor Unira Dr Faisal Estu Yuliyanto membenarkan bahwa selama ini Prof Didik Rachbini telah banyak membantu  memberikan beasiswa untuk peningkatan kemampuan dosen untuk studi doctor. Bahkan, katanya, kini Unira segera bikin MoU dengan Universitas Paramadina untuk program peningkatan kapasitas dosen dan pengembangan kelembagaan.
Prof Didik Junaidi Rachbini memberi kuliah tamu di Unira Pamekasan dalam rangkaian kegiatan Dies Natalis Unira yang ke 44. Sebelumnya juga menghadirkan anggota pimpinan KPK RI Dr Nurul Ghufron SH MH, memberi kuliah tamu di Unira. Menurut rencana pada Juni mendatang Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa juga akan hadir memberikan kuliah tamu di Unira. (mas)

baca juga :

Muktamar Ke-34 NU Tetap Digelar 23-25 Desember 2021 di Lampung

Redaksi Global News

Unicef Minta RI Tidak Buru-buru Buka Sekolah

Redaksi Global News

Risma : Jembatan Layang JLLB Harus Tuntas Tahun Ini

Redaksi Global News