Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Metro Raya Utama

Pipa PDAM Putus karena Galian Box Culvert, 2 Kampung Panjang Jiwo Sulit Air Bersih

Dua kampung di Panjang Jiwo kesulitan air bersih akibat pipa PDAM putus

SURABAYA (global-news.co.id) –
Warga perkampungan RW 01 Kelurahan Panjang Jiwo, Surabaya, resah akibat kesulitan air bersih, menyusul pembangunan box culvert di perkampungan tersebut.

Yulianto warga setempat mengatakan, kemarin volume air PDAM yang mengalir ke rumah warga kecil sekali. “Dan hari ini mati total,” ujarnya pada Jumat (13/05/2022).

Menurutnya matinya air PDAM diduga akibat pengerjaan box culvert yang merusak jaringan pipa PDAM.

Wakil Ketua Komisi B DPRD Surabaya, Anas Karno, mendatangi lokasi setelah mendapatkan aduan dari warga setempat. “Berdasarkan keterangan warga dan saya saksikan sendiri, memang pipa PDAM terputus akibat terhantam alat berat backhoe saat melakukan penggalian tanah,” ujarnya.

Insiden ini disayangkan politisi PDIP Surabaya tersebut. “Akibatnya sekarang ini warga di dua kampung sekitar lokasi pengerjaan kesulitan air bersih,” ungkap Anas.

Anas kembali mengatakan, seharusnya pihak yang melakukan pengerjaan box culvert, menjalin komunikasi dengan PDAM untuk memitigasi risiko pengerjaan. Sehingga bisa dilakukan antisipasi ketika insiden terjadi.

“Pihak yang melakukan pengerjaan bisa memasang jaringan sementara, sehingga ketika pipa mengalami kerusakan tidak membuat warga susah,” terangnya.

Untuk mengatasi kesulitan air, Anas meminta PDAM Surya Sembada menyuplai kebutuhan air bersih untuk warga lewat mobil tangki.

“Pengerjaan perbaikan tidak mungkin selesai dalam sehari bisa 2 sampai 3 hari ke depan. Sedangkan air menjadi kebutuhan penting bagi warga. Saya sudah menghubungi salah satu direktur PDAM terkait persoalan ini dan sudah mendapatkan atensi,” ujarnya. (pur)

baca juga :

Buka Pasar Ekspor untuk UMKM, Khofifah Apresiasi Inisiasi BI

Redaksi Global News

Persikabo Tak Mau Kalah Lagi, Kemenangan Adalah Harga Mati

Redaksi Global News

Antisipasi Potensi Krisis Pangan, Gubernur Khofifah Percepat Tanam Padi di Tulungagung

Redaksi Global News