Global-News.co.id
Ekonomi Bisnis Utama

Perkuat Layanan Pengiriman, Lion Parcel Operasikan Gudang Baru di Surabaya

Lion Parcel (PT Lion Express), salah satu perusahaan jasa ekspedisi di Indonesia resmi mengoperasikan gudang terbarunya di Pergudangan Fortune Jl Tambak Sawah No 6, Tambakrejo, Kec. Waru, Kab Sidoarjo.

SURABAYA (global-news.co.id) – Pasar pengiriman logistik di Indonesia memiliki prospek cerah seiring dengan kian terkendalinya Covid-19 di Indonesia. Geliat ekonomi terus mengalami pemulihan, termasuk bisnis UMKM di Surabaya.
Guna memenuhi tingginya kebutuhan logistik masyarakat Surabaya dan Jatim, Lion Parcel (PT Lion Express), salah satu perusahaan jasa ekspedisi di Indonesia resmi mengoperasikan gudang terbarunya yang berlokasi di Pergudangan Fortune Blok A30-A31, Jl. Tambak Sawah No 6, Tambakrejo, Kec. Waru, Kab Sidoarjo, Rabu (25/5/2022).

Kehadiran gudang baru ini merupakan bagian dari upaya perusahaan untuk memenuhi kebutuhan logistik dari masyarakat Surabaya, Jawa Timur yang terus meningkat. Hal ini mencakup bisnis UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang berkembang signifikan di wilayah tersebut dan kini telah berkontribusi sebesar 57,81% terhadap PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) Jawa Timur berdasarkan data dari Dinas Koperasi dan UKM (Diskopukm) Jawa Timur .

Chief Marketing Officer Lion Parcel Kenny Kwanto menjelaskan pengoperasian gudang baru Lion Parcel di area ini merupakan salah satu bentuk komitmen perusahaan dalam mewujudkan layanan pengiriman yang lebih terintegrasi dan cepat kepada seluruh pelanggan Lion Parcel di wilayah Surabaya, Jawa Timur dan sekitarnya.

“Surabaya merupakan salah satu kota dengan trafik pengiriman tinggi, dimana jumlah UMKM di kota ini meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Besar harapan kami, pengoperasian gudang baru ini akan mampu memenuhi kebutuhan pelanggan yang meningkat sekaligus mendukung pertumbuhan UMKM di kawasan ini,” katanya di Surabaya, Rabu (25/5/2022).

Kehadiran gudang baru ini juga turut membantu Lion Parcel dalam menghadapi lonjakan permintaan pengiriman saat periode Ramadan dan Lebaran 2022 lalu, di mana Lion Parcel mengalami lonjakan volume pengiriman hingga 30% dibandingkan dengan rata-rata per bulan non Ramadan 2022. Lonjakan ini melebihi prediksi dan target yang dibidik sebelumnya sebesar 10%. Sementara berdasarkan data pengiriman Lion Parcel, Surabaya sendiri masuk ke dalam 5 besar kota origin dengan volume pengiriman tertinggi selama periode tersebut.

“Kami menyadari bahwa kesiapsiagaan infrastruktur dan jaringan merupakan kunci kelancaran operasional layanan di industri logistik yang sangat dinamis, terutama dalam menghadapi lonjakan permintaan seperti bulan Ramadan dan Lebaran kemarin. Karena itu, kami memastikan segala aspek operasional layanan bisa melayani pengiriman barang secara aman dan terpercaya. Operasional gudang baru pastinya juga didukung oleh kesediaan lebih dari 7.000 agen Lion Parcel yang tersebar di seluruh Indonesia untuk memudahkan akses pelanggan pada layanan kami. Lebih dari 3.000 armada juga kerahkan dalam mengantarkan paket selama periode ini ke lebih dari 98% area di Indonesia dalam jangkauan kami,” ujar Kenny.

Gudang Lion Parcel di area Surabaya juga akan memperluas cakupan praktik bisnis ramah lingkungan yang sebelumnya telah diterapkan di Jabodetabek. Bekerjasama dengan Rekosistem, proses pengelolaan sampah berkelanjutan secara end-to-end telah dijalankan Lion Parcel sejak akhir 2021 dan berhasil mendaur ulang hingga 6 ton sampah logistik yang masih akan bertambah setiap harinya. Perluasan praktik bisnis ramah lingkungan ini pastinya akan turut berkontribusi terhadap penguatan ekosistem praktik bisnis berkelanjutan dan juga membantu pemerintah kota Surabaya dalam penanganan sampah terpadu.

Kenny menambahkan pengelolaan sampah yang berkelanjutan pada gudang baru di kawasan ini merupakan bentuk dukungan Lion Parcel terhadap upaya Pemerintah dalam mengurangi jumlah sampah di Kota Surabaya dan sekitarnya. “Sejalan dengan hal ini, kami juga sepenuhnya meyakini bahwa operasional layanan yang berkelanjutan bisa mendorong peningkatan kualitas hidup masyarakat di mana pun kami beroperasi,” katanya.

Sebagai bentuk apresiasinya untuk pelanggan, termasuk masyarakat Surabaya, Jawa Timur, Lion Parcel tengah memperpanjang masa periode program BERKAH (Berani Kasih Hadiah) hingga 31 Mei 2022. Program berbagi kebahagiaan yang telah berjalan sejak awal April ini telah menerima antusiasme masyarakat yang luar biasa dengan total hadiah senilai miliaran rupiah. Seluruh pelanggan Lion Parcel dari berbagai platform bisa bergabung ke program ini dengan cara mengirimkan paket sebanyak-banyaknya menggunakan layanan Lion Parcel.

“Seluruh inisiatif kami, mulai dari penguatan infrastruktur, jaringan, hingga peluncuran program-program spesial bagi para pelanggan merupakan upaya berkelanjutan kami menghidupi komitmen jangka panjang dalam menyediakan layanan pengiriman yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat, serta pastinya murah, aman, dan terpercaya,” tutup Kenny.

Untuk diketahui Lion Parcel merupakan bagian dari Lion Air Group. Bergerak di bidang jasa titipan yang melayani pengiriman domestik dan internasional yang didukung oleh jaringan dan infrastruktur Lion Group sebagai salah satu maskapai penerbangan terbesar di Indonesia.

Lion Parcel memiliki modal jaringan dan operasional dengan dukungan armada pesawat dan frekuensi penerbangan yang tinggi dari Lion Group sebagai linehaul ke hampir seluruh bandar udara di Indonesia. Saat ini, Lion Parcel memiliki lebih dari 7.000 agen, 15.000 kurir antar, serta 3.000 armada pengantaran yang menjangkau hingga 98% kecamatan, 467 kabupaten dan kota, serta 6.715 kecamatan di 34 provinsi Tanah Air untuk membantu masyarakat terhubung tanpa batasan waktu dan jarak. (tis)

baca juga :

Napi Lapas Pamekasan Rutin Kirimi Uang Keluarga

Redaksi Global News

Kapolresta Sidoarjo Blusukan ke Pasar Tradisional

Redaksi Global News

Pergerakan Kurang Dinamis, Pelatih PSM Menilai Pemain Terlalu Diam

Redaksi Global News