Global-News.co.id
Metro Raya Utama

Peringatan HUT ke-729 Kota Surabaya, Disemarakkan Beragam Kegiatan

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (DKKORP) Surabaya Wiwiek Widayati

SURABAYA (global-news.co.id) – Serangkaian kegiatan dalam rangka menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-729 Kota Surabaya, Jawa Timur, pada 31 Mei mendatang telah dimulai sejak awal 1 Mei hingga 5 Juni 2022.

“Jangan sampai ketinggalan evennya, dan jangan sampai ketinggalan prokesnya,” kata Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olah Raga serta Pariwisata (DKKORP) Surabaya Wiwiek Widayati di Surabaya, Rabu.

Menurut dia, acara pertama yang digelar pada awal Mei adalah Surabaya Shopping Festival yang digelar pada 1-31 Mei 2022. Selanjutnya, Kejuaraan Futsal Piala Walikota Surabaya Antarklub U-19 mulai 11-15 Mei 2022 yang digelar di Indoor Gelora Bung Tomo.

“Lalu ada Kejuaraan Balap Sepeda Piala Wali Kota Suroboyo Race 2022 yang akan digelar pada 15 Mei 2022 di Sirkuit Gelora Bung Tomo,” ujar dia.

Kemudian, ada Kejuaraan Nasional Panahan Tradisional pada 21–22 Mei 2022 di Lapangan Tembak Karang Pilang. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemkot Surabaya bekerja sama dengan Persatuan Panahan Tradisioonal (Perpatri) Kota Surabaya dan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi) Surabaya itu diikuti oleh sekitar 350 peserta dari seluruh Indonesia.

“Even yang dipastikan akan meriah adalah Surabaya 729 Game, yaitu pertandingan pre-session sepakbola Persebaya VS Persis Solo yang digelar pada 22 Mei 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Tomo. Jadi, ini pertandingan single match antara Persebaya dan Persis Solo yang digelar oleh Pemkot bersama PT Persebaya,” kata dia.

Selain itu, tahun ini Pemkot akan menggelar kembali Festival Rujak Uleg pada 22 Mei 2022 di Jl Kembang Jepun. Kegiatan yang rencananya diikuti oleh sekitar 700 peserta atau 140 grup itu akan melibatkan UMKM Rujak Cingur dan makanan serta minuman lainnya.

Ada pula Kejuaraan Basket Piala Walikota Surabaya Antar-Pelajar SMP dan SMA yang digelar pada 23–29 Mei 2022 di GOR Pancasila dan Indoor Gelora Bung Tomo. Lomba Dayung Perahu Sampan Sprint dan Slalom juga akan memeriahkan HJKS tahun ini. Even ini akan digelar pada 28 – 29 Mei 2022 di Sungai Kalimas sisi Taman Prestasi.

Surabaya Vaganza berupa parade budaya dan pawai bunga juga digelar di sepanjang Jl Tunjungan sampai Alun-Alun Surabaya pada 28 Mei 2022, tepat pukul 15.00 WIB sampai selesai.

Selanjutnya, pada 29 Mei 2022 akan ada istighosah bersama di Tugu Pahlawan, dan pada 31 Mei 2022 akan ada ruwatan dan pergelaran wayang.

Acara Bromo KOM Challenge 2022 juga akan memeriahkan HUT tahun ini. Kegiatan yang akan digelar pada 21 Mei 2022 ini terselenggara berkat kerja sama Pemkot dengan PT DBL Indonesia dan Bromo KOM Challenge 2022.

Kegiatan yang tidak kalah menariknya adalah turnamen sepakbola Piala Walikota Surabaya pada 1–11 Juni 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Tomo.
Kegiatan yang digelar oleh Pemkot bersama Asosiasi Provinsi PSSI Jawa Timur ini akan diikuti oleh 4 tim besar Liga 1 Indonesia, yaitu Persija Jakarta, Persebaya Surabaya, Persis Solo, dan PSIS Semarang.

“Even penutup HJKS tahun ini adalah Kejuaraan Nasional Skateboard Piala Walikota Surabaya. Even yang akan digelar pada 4-5 Juni 2022 ini akan diselenggarakan di parkir timur Delta Surabaya atau Taman Skate & BMX Park,” kata dia. (pur)

baca juga :

Perluas Penetrasi Bisnis, Bank Jatim Buka BJTM Connect

Redaksi Global News

MenPAN RB Segera Terbitkan Edaran Larang Mudik bagi ASN

Titis Global News

Mutasi Virus Jadi Tantangan Pengembangan Vaksin Merah Putih

Titis Global News