Global-News.co.id
Sport Utama

Pep Guardiola, Pelatih Asing Paling Sukses di Inggris

Manajer Manchester City Pep Guardiola berselebrasi dengan trofi yang dimenangi timnya di kancah Premier League. (foto: rtr)

JAKARTA (global-news.co.id) – Pelatih asal Spanyol, Pep Guardiola, menjadi manajer asing paling sukses di liga sepakbola Inggris. Hal itu berdasarkan jumlah gelar juara liga yang diraih, ketika dia mengantarkan Manchester City menyabet gelar juara Liga Inggris keempatnya.

Keberhasilan Pep yang terakhir membuat manajer Manchester City itu melampaui pelatih asal Prancis Arsene Wenger dan pelatih asal Portugal Jose Mourinho yang sama-sama mempersembahkan tiga gelar Liga Premier kepada klub mereka.

Semua manajer yang berada di atas mantan bos Barcelona dan Bayern Muenchen itu Guardiola dalam daftar peraih gelar juara liga sepanjang masa itu lahir di Kepulauan British (yang mencakup Inggris Raya, Irlandia dan pulau-pulau keci lainnya).

Pelatih asal Skotlandia Alex Ferguson menjadi manajer yang paling banyak mempersembahkan gelar juara liga setelah meraih 13 Liga Premier bersama Manchester United.

Guardiola menyamai empat gelar yang diperoleh pelatih asal Skotlandia lainnya, Kenny Dalglish, yang juara liga tiga kali bersama Liverpool dan sekali bersama Blackburn Rovers.

Guardiola berselisih satu gelar di belakang mantan manajer MU Matt Busby dan dua gelar di belakang mantan manajer Liverpool Bob Paisley yang merebut enam gelar.

Guardiola sudah 10 kali menjuarai liga dari 13 musim sebagai manajer divisi papan atas di seluruh dunia bersama Barcelona, Bayern Muenchen dan Manchester City. (rtr, ant)

baca juga :

Liga 1: Bek Persebaya Fokus Hadapi Persikabo 1973

Redaksi Global News

Pentingnya Pengelolaan Keuangan Digital, Hindari Kerugian Pelaku Bisnis

Bupati Mundjidah Wahab: Tahun 2022 Jombang Lebih Maju

Redaksi Global News