Global-News.co.id
Mataraman Utama

Peduli Sesama, Pemdes Sidokare-Nganjuk Gelar Donor Darah

Pelaksanaan donor darah di di Pendopo Desa Sidokare, bekerjasama dengan PMI Kabupaten Nganjuk dibantu bidan desa.

NGANJUK (global-news.co.id)  – Setelah libur Lebaran 2022, Pemerintah Desa (Pemdes) Sidokare, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Nganjuk, Jatim, kembali menggelar aksi kemanusiaan berupa donor darah pada Rabu (11/05/2022). Kegiatan itu bertempat di Pendopo Desa Sidokare, dan penyelenggaraannya bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Nganjuk dengan dibantu bidan desa.

Kepala Desa Sidokare, Imam Mashyuri SPd, mengatakan, kegiatan donor darah ini selain sebagai wujud kepedulian terhadap sesama juga upaya menambah stok darah PMI Kabupaten Nganjuk, namun juga untuk menjaga kesehatan. Antara lain mengurangi risiko penyakit jantung, membakar kalori, menurunkan risiko kanker, meningkatkan produksi darah, menurunkan kolesterol, dan menjadikan pikiran lebih stabil.

Kades Imam, menuturkan kegiatan donor darah kali ini dibuka untuk masyarakat umum, artinya tidak hanya warga Desa Sidokare yang boleh menyumbangkan darahnya namun juga untuk masyarakat luar wilayah Desa Sidokare.

“Kali ini kami buka untuk umum, jadi tidak hanya warga Sidokare tapi desa-desa lain juga boleh menyumbangkan darahnya karena ini suatu bentuk empati kita kepada sesama,” tutur Kades dengan jargon Sidokare Sembada itu.

Pihaknya juga berterimakasih kepada masyarakat, baik warga Desa Sidokare maupun luar wilayah Sidokare atas kesediaannya mendonorkan darahnya untuk sesama. Ia berharap kegiatan donor ini supaya terus berlanjut dan antusias masyarakat semakin tinggi.

“Saya sangat berterimakasih kepada masyarakat Sidokare maupun luar wilayah Sidokare, yang bersedia mendonorkan darah mereka untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan. Semoga ini terus berlanjut dan masyarakat semakin antusias,” ungkapnya.

Kegiatan donor darah tersebut berlangsung sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Para calon pendonor harus memenuhi beberapa persyaratan medis ketika akan mendonorkan darahnya. Meliputi cek tekanan darah dan berat badan yang ideal. Kemudian, kecukupan waktu tidur, tidak dalam keadaan haid, tidak memiliki penyakit, dan tidak mengonsumsi obat minimal sejak satu minggu sebelumnya. (ins, aju)

baca juga :

HUT Ke-9, SIG Komitmen untuk Tumbuh Bersama demi Kehidupan Berkelanjutan

Redaksi Global News

Lebihi Target, Pemkab Pamekasan Akan Beri Makan 748 Lansia Dua Kali Sehari

gas

5.499 Pelamar Lolos Seleksi Administrasi CPNS Pemkot Surabaya

Redaksi Global News