Global-News.co.id
Madura Utama

Pamekasan Peringkat II Nasional, Anggaran Peningkatan Kualitas Guru Agama

PAMEKASAN (global-news.co.id) – Bupati Pamekasan Baddrut Tamam menerima penghargaan dari Kementerian Agama (Kemenag) RI atas partisipasi dan kontribusinya terhadap pengembangan pendidikan Agama Islam (PAI). Pamekasan masuk daerah peringkat II nasional yang menganggarkan dana terbesar untuk peningkatan kualitas guru agama.
Penerimaan penghargaan atas prestasi terseburt diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pamekasan, Akhmad Zaini di Hotel Anvaya Jalan Kartika Plaza, Badung, Bali, Jumat (20/5/2022) malam.
Penghargaan tersebut diberikan kepada kabupaten di Indonesia yang berpartisipasi dan berkontribusi dalam pengembangan dan kabijakan positif bagi pendidikan agama Islam di sekolah dengan ploting anggaran yang sangat besar bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).
Pamekasan di bawah kepemimpinan Baddrut Tamam memang menyediakan anggaran yang besar untuk membantu meningkatkan kualitas guru agama, utamanya guru agama yang non PNS. Pada tahun 2022 ini diperkirakan tersedia Rp 60 miliar untuk bantuan bagi guru non PNS tersebut.
Penyediaaan anggaran yang besar tersebut akhirnya, mendapat apresiasi dari Kemenag RI dan akhirnya membawa Kabupaten Pamekasan mendapat penghargaan peringkat kedua se Indonesia. Peringkat pertama diraih Kabupaten Bogor.
Akhmad Zaini mengaku, kepedulian Pemkab Pamekasan di bawah kepemimpinan Bupati Baddrut Tamam terhadap pendidikan agama salah satunya dengan memberikan bantuan kepada guru Pendidian Agama Islam (PAI) yang mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) sebesar Rp 10 juta per guru dengan jumlah 100 guru pada tahun 2021. Total anggaran untuk kegiatan itu sekitar Rp 1 miliar.
Selain itu, tambah dia, Pemkab Pamekasan juga memberikan honor kepada guru honorer PAI yang mengajar di sekolah negeri sebesar Rp 600 ribu perbulan, serta program lain yang mendukung kualitas guru PAI.
“Kemenag RI itu memberikan penghargaan kepada daerah-daerah yang memiliki kepedulian tinggi terhadap pendidikan agama. Pamekasan menjadi kabupaten peringkat kedua terbesar jumlah APBD yang digelontorkan untuk peningkatan kualitas pendidikan Agama Islam,” jelasnya.
Menurutnya, anggaran besar terhadap pendidikan agama merupakan bentuk kepedulian Bupati Baddrut Tamam terhadap pendidikan agama demi terwujudnya kualitas pendidikan di wilayahnya.
“Kita banggalah, pemerintah daerah memberikan apresiasi, membantu guru agama untuk peningkatan kualitasnya. Ini penghargaan tahun 2021 yang diberikan tahun 2022,” pungkas Zaini. (mas)

baca juga :

Terus Meroket, Kasus Covid-19 di Indonesia Bertambah 14.224

Redaksi Global News

Sulap Eks Tambang, Suguhkan Bangunan Pahat Mirip Aslinya

Redaksi Global News

Rakyat Miskin Terendah, tapi Dana UHC Pamekasan Terbesar di Madura

gas