Global-News.co.id
Sport Utama

Ketua KONI: Emas Pertama Indonesia di SEA Games Jadi Pemicu Yang Lain

Atlet dayung peraih emas di SEA Games 2022 Vietnam

HANOI (global-news.co.id) – Kontingen Indonesia meraih medali emas perdana, pada keikutsertaan di SEA Games, Vietnam, Rabu (11/5/2022) lalu.

Kakan Rusmana/Ardi Isedi, bertanding pada cabang olahraga (cabor) dayung rowing nomor lightweight men’s double sculls (LM2X), berhasil mempersembahkan emas perdana, di Thuy Nguyen Hai Phong Aquatics Center.

Keduanya, berhasil mengalahkan atlet Filipina Cris Nievares/Christian del Rosario dan tuan rumah pada peringkat ketiga yang diwakili Nhu Dinh Nam/Bui Van Hoan. Adapun Kakan/Ardi menjadi tercepat dari lintasan 2 finis dengan 7 menit, 1,385 detik.

Seperti diketahui, Ardi Isedi adalah atlet dayung dari Jawa Timur. Selain itu, pada nomor double scull, atlet putra Indonesia juga meraih medali emas. Sulfianto/Memo menjadi yang tercepat dengan 7 menit, 22,01 detik. Keduanya mengalahkan wakil Thailand dengan cacatan waktu 7 menit, 26,484 detik dan tuan rumah Vietnam yang puas di posisi ketiga dengan 8 menit, 16,146 detik.

Jadi, hingga saat ini cabor dayung telah meraih 2 emas dan juga 1 perak. Begitu yang disampaikan Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) Budiman Setiawan.

Sebelumnya, dari rowing medali perak juga berhasil diraih pada nomor woman quadruple sculls (W4X). Tim Indonesia yang menjadi runner-up diperkuat Agni Anugerah, Dewi Purwanti, Maslin Efrilia, Annisa Meilani Yahya.

Mereka mencatatkan waktu 7 menit 23,614 detik, masih kalah cepat dari tuan rumah yang meraih emas dengan waktu 7 menit, 13,207 detik. Namun Tim Indonesia lebih baik dari kontingen Filipina dengan 7 menit 28,879 detik.

Atas prestasi tersebut, Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Letjen TNI Purn Marciano Norman, menyampaikan selamat.

“Selaku Ketua Umum KONI Pusat, saya mengucapkan selamat sekaligus terima kasih kepada atlet-atlet, pelatih dan ofisial yang berhasil mempersembahkan prestasi untuk Indonesia. Medali emas pertama ini dapat memotivasi Patriot Olahraga Indonesia lainnya untuk menyusul mempersembahkan prestasi,” kata Marciano Norman. (ikp, jtm)

baca juga :

Bupati Jember Kunjungi Warga yang Rumahnya Diterjang Banjir

Redaksi Global News

Kasus COVID-19 Jatim Bisa Lampaui Jakarta

29 April: Tambahan 16 Pasien Corona, Total di Jatim 871 Orang

Redaksi Global News